Gempa M 4,8 di Bulukumba Sulsel Terasa hingga Kepulauan Selayar

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Rabu, 02 Des 2020 12:41 WIB
Ilustrasi gempa bumi (iStock)
Ilustrasi Gempa Bumi (iStock)
Selayar -

Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 4,8 terjadi di wilayah Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel). Gempa itu terasa hingga Kabupaten Kepulauan Selayar.

Gempa bumi tersebut terjadi pada Rabu (2/12/2020) sekitar pukul 11.35 Wita.

BMKG menyebutkan pusat gempa yang berada di laut tepatnya di 60 km arah tenggara Bulukumba berada di kedalaman 10 kilometer. Skala gempa lebih terasa kuat di Selayar, yakni MMI III.

"Pusat gempa berada di laut, 60 km Tenggara Bulukumba, Kedalaman:10 Km. Dirasakan (MMI) II Bulukumba, III Selayar," tulis BMKG dalam keterangannya.

BMKG menyebut dalam skala II getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan pada skala III, getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Seorang warga Selayar, Haji Indo, menyebut guncangan sempat terasa beberapa saat, namun tidak sampai membuat isi rumah berantakan. "Terasa tapi hanya sebentar," katanya.

Belum ada laporan kerusakan atau adanya korban jiwa dari wilayah Kepulauan Selayar akibat gempa tersebut.

Sementara itu, di Bulukumba, gempa dirasakan di sejumlah tempat seperti di Kota Bulukumba tepatnya di wilayah Ponre dan Lela. BPBD Bulukumba juga belum menerima laporan adanya korban jiwa atau kerusakan dari gempa bumi tersebut.

"Belum ada laporan masuk, kita akan lakukan asesmen data dulu," kata pihak BPBD Bulukumba, Darfian Mukri, saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (2/12).

(nvl/idh)