Round-Up

Tanda Tanya Asal Anies Baswedan Tertular Corona

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 02 Des 2020 06:59 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memenuhi undangan Polda Metro Jaya untuk klarifikasi soal kerumunan di acara Habib Rizieq Shihab, Selasa (17/11/2020).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinyatakan positif Corona berdasarkan hasil swab tes. Namun asal Anies tertular masih tanda tanya.

Anies mengumumkan secara langsung dirinya positif Corona. Melalui media sosial instagramnya, Anies mengunggah video menyampaikan dirinya dalam kondisi baik dan tidak memiliki gejala Corona.

"Saat ini kondisi saya alhamdulillah baik, alhamdulillah tidak ada gejala," ujar Anies, Selasa, (1/12/2020).

"Setelah berkonsultasi dan sesuai dengan arahan dokter, saya akan menjalani isolasi mandiri dan mengikuti prosedur pengobatan yang ditetapkan tim medis," imbuhnya.

Anies mengaku sengaja mengumumkan positif di hari pertama. Anies mengungkap alasan pengumuman langsung itu dia sampaikan. Anies kemudian membandingkan pengumuman ini dengan penanganan COVID-19 di DKI Jakarta dilakukan secara transparan.

"Hasil tes PCR saya menyatakan bahwa saya positif COVID-19. Saya memilih untuk mengumumkan pada kesempatan pertama pagi hari ini. Sebagaimana kita selalu melakukan dalam penanganan COVID sejak burat Maret yang lalu kita selalu sampaikan apa adanya transparan, tidak ditambah, tidak dikurangi, dan diberikan secara lengkap menyangkut kebijakan kita terbuka, kita transparan, begitu juga ketika menyangkut situasi yang saya hadapi pada hari ini," jelas Anies.

Anies dinyatakan positif Corona setelah hasil tes swabnya keluar pada Selasa dini hari kemarin. Dari mana asal Anies tertular belum diketahui secara pasti. Anies tidak menyebut secara gamblang. Hanya saja dia merinci memiliki intensitas pertemuan dengan Wagub DKI Ahmad Riza Patria, yang lebih dulu mengonfirmasi dirinya positif COVID-19 juga.

"Setelah mendengar kabar bahwa Pak Wagub positif sementara kita ada interaksi yang cukup dekat, maka sesuai protokol kesehatan, saya kembali melakukan tes Minggu, 29 November, saya memulai dengan swab antigen," ujar Anies dalam videonya itu.

Wagub Riza Patria sendiri melakukan dua kali tes usap, yaitu pada Kamis (26/11) dengan hasil negatif, dan lalu dilanjutkan tes yang sama pada Jumat (27/11) dengan hasil terkonfirmasi positif. Ahmad Riza disebut tertular dari stafnya.

Dalam video itu Anies kemudian menerangkan riwayat menjalani tes usap (swab test) sebelum dinyatakan positif. Ini riwayat tes Corona yang diungkap Anies Baswedan:

25 November 2020: Anies menjalani tes swab PCR rutin dengan hasil negatif
29 November 2020: Anies menjalani tes swab antigen setelah Wagub DKI Ahmad Riza positif Corona. Hasilnya negatif.
30 November 2020: Anies menjalani tes swab PCR. Hasilnya keluar pada 1 Desember 2020 dengan hasil positif Corona.

Anies Baswedan meminta siapa pun yang pernah bertemu dengannya untuk menjalani swab test. Anies juga memutuskan isolasi mandiri dan terpisah dengan keluarganya.

"Bagi siapapun yang pernah bertemu saya dalam beberapa hari terakhir, bisa kontak ke Puskesmas terdekat untuk menjalani swab test. Tentu tim tracing dari Dinkes juga akan mendata dan menghubungi kontak erat saya. Seluruh prosedur terkait akan dijalankan," kata Anies.

"Isolasi mandiri akan saya lakukan di tempat yang terpisah dengan keluarga dan akan saya tinggali sendiri. Sementara keluarga akan tetap di kediaman pribadi," imbuhnya.

Simak video 'Anies-Riza Positif Corona, Satgas Berharap Warga Sadar Prokes':

[Gambas:Video 20detik]



Siapa pegang kendali Pemprov selama Gubernur dan Wakil Gubernur DKI menjalani isolasi akibat positif Corona?

Selanjutnya
Halaman
1 2