Kasus Corona DKI-Jateng Naik Drastis, Satgas Minta Kepala Daerah Evaluasi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 18:40 WIB
Poster
Corona di Indonesia (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Kasus Corona di DKI Jakarta dan Jawa Tengah mengalami peningkatan drastis. Satgas COVID-19 meminta kepala daerah melakukan evaluasi.

"Terkait peningkatan kasus drastis di DKI Jakarta dan Jawa Tengah, Satgas meminta kepada kepala daerah untuk mengevaluasi implementasi protokol kesehatan dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat secara bersama secara disiplin," kata Juru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, dalam siaran YouTube BNPB, Selasa (1/12/2020).

Wiku menjelaskan peningkatan kasus Corona hanya dapat dicegah dengan kedisiplinan tinggi terhadap protokol kesehatan. Satgas dalam hal ini selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah.

"Peningkatan kasus hanya dapat dicegah melalui kedisiplinan yang tinggi terhadap protokol kesehatan. Kami selalu berkoordinasi dengan pemerintah di daerah dan satgas di daerah untuk memastikan bahwa kasusnya dapat dikendalikan kembali," ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa PSBB total menjadi kewenangan masing-masing daerah. Namun, lanjutnya, harus dipertimbangkan pula dampaknya terhadap berbagai sektor.

"Keputusan menerapkan kembali PSBB total adalah wewenang masing-masing daerah. Kondisi yang ada menjadi refleksi dan evaluasi dari pimpinan daerah untuk melakukan kebijakan yang paling tepat. Namun tentunya harus memperhatikan dampak yang ditimbulkan di berbagai sektor," ungkapnya.

Simak video 'Kecewa! Zona Merah Corona Naik Nyaris 2 Kali Lipat':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2