Puasa Sunnah Ayyamul Bidh Desember 2020: Jadwal, Niat dan Keutamaannya

Puti Yasmin - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 17:56 WIB
top view muslim family enjoy the iftar meal dinner together in dining room
Foto: iStock/Puasa Sunnah Ayyamul Bidh Desember 2020: Jadwal, Niat dan Keutamaannya
Jakarta -

Puasa sunnah ayyamul bidh Desember 2020 jatuh pada tanggal 28,29 dan 30. Pada tanggal 28,29 dan 30 Desember 2020 tersebut dalam sistem kalender Islam masuk tanggal 13,14 dan 15 Jumadil Ula 1442 Hijriyah.

Keutamaan puasa ayyamul bidh seperti berpuasa sepanjang tahun. Sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat Imam Bukhari dari Abdullah bin Amr bin Al Ash, Rasulullah SAW bersabda:

صَوْمُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ صَوْمُ الدَّهْرِ كُلِّهِ

Artinya: "Puasa tiga hari pada setiap bulan adalah seperti berpuasa sepanjang tahun."

Dari Ibnu Milhan Al Qoisiy, dari ayahnya, ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam biasa memerintahkan pada kami untuk berpuasa pada ayyamul bidh, yaitu 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyah). Dan beliau bersabda, 'Puasa Ayyamul Bidh itu seperti puasa setahun'."

Keistimewaan puasa Ayyamul Bidh juga diriwayatkan Rasulullah dalam hadits Bukhari, Muslim, Abu Dawud, dan an Nasai, dari Abdullah bin Amr, Nabi Muhammad SAW bersabda mengenai manfaat puasa Ayyamul Bidh mendatangkan ganjaran 10 kali lipat,

"Puasa lah tiga hari dari setiap bulan. Sesungguhnya amal kebajikan itu ganjarannya sepuluh kali lipat, seolah berpuasa sepanjang masa."

Apa itu Puasa Ayyamul Bidh 2020?

Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Puasa ini dikerjakan sebanyak tiga hari di bulan Hijriyah setiap tanggal 13, 14, dan 15.

  • Niat Puasa Sunnah Ayyamul Bidh Desember 2020

Arab: نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Latin: Nawaitu Sauma Ayyaamal Bidh Sunnatan Lillaahi Ta'ala.

Artinya: Saya niat puasa Ayyamul Bidh, sunnah karena Allah Ta'ala.

  • Keutamaan Puasa Sunnah Ayyamul Bidh

Puasa sunnah ini memiliki beberapa manfaat bagi yang mengerjakan. Nabi Muhammad bahkan bersabda untuk menjalankan sunnah tersebut

Berdasarkan hadits riwayat Bukhari, Abu Hurairah berkata, ", sesuai hadits yang diceritakan Abu Hurrairah

أَوْصَانِى خَلِيلِى بِثَلاَثٍ لاَ أَدَعُهُنَّ حَتَّى أَمُوتَ صَوْمِ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ، وَصَلاَةِ الضُّحَى ، وَنَوْمٍ عَلَى وِتْرٍ

Artinya: "Kekasihku (Rasulullah) mewasiatkan padaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati: berpuasa tiga hari setiap bulannya, mengerjakan shalat Dhuha, mengerjakan shalat Witir sebelum tidur."

Dalam hadits riwayat Bukhari yang lain Rasulullah SAW telah menjelaskan, puasa sunnah Ayyamul Bidh Desember 2020 seperti ibadah serupa sebelumnya seperti berpuasa sepanjang tahun

صَوْمُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ صَوْمُ الدَّهْرِ كُلِّهِ

Artinya: "Puasa pada tiga hari setiap bulan adalah seperti puasa sepanjang tahun."

Selamat menjalankan puasa sunnah Ayyamul Bidh Desember 2020 bagi yang menjalankan!

(pay/erd)