Polisi Targetkan Kasus Tes Swab Habib Rizieq Naik Penyidikan Senin Depan

Taufieq Renaldi Arfiansyah - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 15:54 WIB
Kapolresta Bogor Kota, Kombes Hendri Fiuser.
Kapolresta Bogor Kombes Hendri Fiuser (Taufieq Renaldi/detikcom)
BogorB -

Polresta Bogor masih akan menggelar pemeriksaan terhadap sejumlah pihak terkait kasus tes usap atau swab test Habib Rizieq Shihab. Polresta Bogor menargetkan pengusutan kasus swab test Habib Rizieq itu naik ke tahap penyidikan (sidik) pekan depan.

"Insyaallah, hari ini kemudian besok ada pemeriksaan lagi. Mudah-mudahan hasil pemeriksaan ini bisa disimpulkan oleh penyidik dan timnya tim penyidik. Insyaallah hari Senin kita sudah naik sidik," kata Kapolresta Bogor Kombes Hendri Fiuser di Polresta Bogor, Jawa Barat, Selasa (1/12/2020).

Saat ini kasus perihal swab test Habib Rizieq masih dalam tahap penyelidikan. Fiuser menjelaskan, jika kasusnya sudah naik ke tahap penyidikan, polisi bisa menetapkan tersangka.

"Ya penyelidikan, status sekarang penyelidikan. Kalau nanti naik sidik berarti Senin sudah bisa tentukan tersangkanya," ucap Fiuser.

"Ya (kalau sudah naik penyidikan) sudah ada tersangkanya, naik sidik kan sudah ada orang yang kita duga sebagai tersangkanya, hari Senin," imbuhnya.

Seperti diketahui, Satgas COVID-19 Kota Bogor melaporkan Dirut RS UMMI Bogor Andi Tatat karena diduga menghalang-halangi mereka melakukan swab test kepada Habib Rizieq. Satgas COVID-19 Kota Bogor melaporkan Andi ke Polresta Bogor.

Polresta Bogor juga telah memeriksa sejumlah pihak terkait laporan tersebut, termasuk dari pihak Satgas COVID-19 Kota Bogor dan RS UMMI. Bahkan, polisi juga telah memeriksa pihak MER-C (Medical Emergency Rescue Committee), selaku lembaga yang melakukan swab test kepada habib Rizieq.

(zak/zak)