Debat Pilkada Depok

Debat Kedua Pilkada Depok Lagi-lagi Panas soal Istilah dan Singkatan

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 30 Nov 2020 21:37 WIB
Debat Kedua Pilkada Depok, Pilwalkot Depok, Pemilihan Wali Kota Depok
Debat Kedua Pilkada Depok (YouTube KPU Kota Depok)
Depok -

Debat kedua Pilkada Depok kembali panas soal istilah. Kini, istilah universal health coverage (UHC) yang diperdebatkan.

Singkatan soal UHC awalnya dilontarkan oleh calon Wakil Wali Kota Depok nomor urut 2, Imam Budi Hartono. Dia mengajukan pertanyaan untuk rivalnya, pasangan Pradi Supriatna dan Afifah Alia.

"Pemerintah pusat memiliki komitmen dan target pencapaian universal health coverage atau UHC bagi seluruh penduduk Indonesia," kata Imam saat debat kedua Pilkada Depok, Senin (30/11/2020).

"Pada 1 Januari tahun 2019 ditargetkan minimal 95 persen, namun target tersebut belum tercapai, dan di Depok sendiri pencapaian kita baru mencapai 84 persen," katanya.

Lalu, Imam bertanya, apa yang akan dilakukan oleh pasangan Pradi-Afifah untuk menyelesaikan masalah tersebut. Saat menjawab, Pradi mengungkit masalah UHC ada karena pandemi virus Corona (COVID-19). Pandemi Corona tidak bisa diketahui sampai kapan.

"Kita berbicara khusus buat Kota Depok, karena memang ini ada pandemi COVID ya, kita tidak tahu mulainya kapan kemudian ini sampai kapan, dan selesainya juga nggak tahu," kata Pradi menjawab.

Lalu, Pradi menyampaikan salah satu programnya adalah memberikan bantuan kepada warga Depok. Mereka akan bisa memulai usaha dengan bantuan tersebut.

"Kami akan memberikan bantuan-bantuan permodalan minimal Rp 5.000.000 kepada warga Depok untuk memulai usaha setelah mengikuti pelatihan-pelatihan kami juga akan mempermudah proses perizinan tentunya UMKM yang termasuk juga saat ini," katanya.

Mendengar jawaban itu, Imam menyebut Pradi salah memahami UHC. Menurut Imam, Pradi seharusnya bisa menjawab pertanyaan karena telah menjabat Wakil Wali Kota Depok bersama calon petahana Mohammad Idris.

"Pak Pradi, yang dijawab kan tidak sesuai apa yang saya tanyakan, padahal Pak Pradi sudah menjabat selama 5 tahun," kata Imam.

Pasangan M Idris itu menyebut UHC adalah program bantuan asuransi kesehatan bagi masyarakat. Jadi, masyarakat kurang mampu masih bisa mendapat akses fasilitas kesehatan. Dia lalu membanggakan Kartu Depok Sejahtera.

"Universal health coverage atau UHC adalah program pemerintah yang memastikan masyarakat memiliki akses untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa harus menghadapi kesulitan finansial untuk seluruh warga negara," kata Imam.