MIND ID Rayakan HUT Ke-3 dengan Charity Week Selama 2 Minggu

Nurcholis Maarif - detikNews
Senin, 30 Nov 2020 19:41 WIB
MIND.ID
Foto: MIND.ID
Jakarta -

BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia merayakan HUT ke-3 dengan kegiatan Charity Week. Kegiatan ini serentak dilaksanakan di wilayah operasi anggota MIND ID (PT ANTAM Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero), dan PT Timah Tbk) selama dua minggu.

"Kegiatan Charity Week kami lakukan rutin setiap tahun. Khusus tahun ini bantuan kami arahkan untuk membantu penanganan pencegahan COVID-19 di wilayah operasional seluruh anggota MIND ID. Ini salah satu upaya kami dalam memberikan kebaikan dan manfaat bagi masyarakat luas," ujar Sekretaris Perusahaan MIND ID Rendi Witular dalam keterangan tertulis, Senin (30/11/2020).

Ia menjelaskan Charity Week merupakan kegiatan sosial yang berlangsung selama dua pekan jelang perayaan hari jadi MIND ID. Dilaksanakan serentak oleh MIND ID dan para anggotanya, kegiatan Charity Week tahun ini difokuskan pada kegiatan yang membantu pencegahan COVID-19 dan aspek-aspek terkait kesehatan masyarakat.

Dua puluh tujuh kegiatan Charity Week dilakukan di sejumlah wilayah anggota MIND ID beroperasi. Mulai dari Jakarta, Bogor (Jawa Barat), Muara Enim (Sumatera Selatan), Lampung, Batubara, Toba (Sumatera Utara), Bangka, Pangkal Pinang (Kepri), Tayan (Kalimantan Barat), Kolaka (Sulawesi Utara), Halmahera hingga Tembagapura (Papua).

"Kegiatan dan bantuan yang diberikan beragam. PT ANTAM Tbk membagikan masker dan hand sanitizer massal, pembuatan fasilitas cuci tangan, hingga penyediaan perangkat wifi, penguat sinyal," ujarnya.

Bantuan yang diberikan oleh PT Bukit Asam Tbk meliputi renovasi laboratorium PCR, pengadaan alat PCR berupa penyediaan mesin M2000 system, BSC II A, freezer, mikropipet 1000 UI 2 set, Vortec Boeco V2H, dan Reagen 1 kit 96 tes full. Lalu ada penyerahan beasiswa bagi 384 siswa SD, SMP dan SMA di Lampung serta pembagian sembako lebih dari 3.500 kepala keluarga di Muara Enim, Sumatera Selatan.

PT Freeport Indonesia menyiapkan 170 tempat sampah hasil daur ulang yang diserahkan secara simbolis melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika.

PT Inalum Persero (Inalum) mendistribusikan masker, membangun fasilitas cuci tangan, serta mengadakan kegiatan peningkatan imun bagi lebih dari 1.000 anak-anak di sekitar wilayah pabrik, serta mendistribusikan alat-alat kesehatan untuk POSKEDES di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara.

PT Timah Tbk meramaikan dengan memberikan bantuan pembangunan rumah layak huni di Bangka Selatan dan pembuatan sumur air bersih di Bangka Tengah.

(ega/ega)