Panitia Acara Maulid-Nikahan Putri HRS Tak Penuhi Panggilan Polda Metro

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 30 Nov 2020 18:06 WIB
Karopenmas Divis Humas Polri Brigjen Awi Setiyono
Foto: Awi Setiyono (dok Divisi Humas Polri).
Jakarta -

Polisi menjadwalkan pemanggilan terhadap lima orang saksi untuk dimintai keterangan terkait kerumunan acara Habib Rizieq Shihab di Petamburan beberapa waktu lalu. Dari lima orang yang dipanggil Polda Metro Jaya, satu orang tidak memenuhi panggilan yakni panitia acara Haris Ubaidillah (HU).

"Polda Metro hari ini telah memanggil 5 saksi, RT/RW kemudian pelaksanaan harian Kapolsek Tanah Abang, kemudian camat dan panitia yang di Petamburan. Konfirmasi terakhir Dirkrimum Polda hanya satu orang yang nggak hadir, yaitu panitia atas nama HU," kata Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (30/11/2020).

Awi menyampaikan, keempat orang yang dipanggil saat ini masih diperiksa penyidik. Awi mengatakan polisi setiap hari akan memanggil beberapa saksi yang mengetahui kejadian kerumunan tersebut untuk dimintai keterangan.

"Kita sama-sama tunggu saksi yang lain 4 orang telah dilakukan pemeriksaan. Tentunya setiap hari, Polda Metro Jaya akan melakukan pemanggilan baik itu yang sudah dilakukan klarifikasi maupun saksi-saki lainnya. Yang mengetahui melihat merasakan langsung kejadian di Petamburan," ujarnya.

Untuk diketahui, kasus kerumunan di acara Habib Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat, memasuki babak baru. Polda Metro Jaya telah meningkatkan status kasus ke tingkat penyidikan.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengungkap adanya unsur pidana dalam kasus tersebut. Fadil Imran juga mengungkap pihaknya akan meminta keterangan semua pihak yang dianggap perlu.

"Penyidik yang tangani kerumunan akad nikah di Petamburan, berdasarkan hasil penyelidikan, sudah ditemukan adanya perbuatan pidana sehingga hari ini naik sidik (penyidikan)," kata Fadil Imran kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (27/11).

Fadil Imran belum memerinci lebih jauh terkait langkah yang akan diambil polisi ke depan terkait kasus kerumunan acara Habib Rizieq. Namun dia memastikan semua pihak yang berkepentingan terkait kegiatan itu akan dipanggil polisi.

"Semua pihak yang dipandang perlu dimintai keterangan akan dipanggil untuk dimintai keterangan," ungkap Fadil.

Selanjutnya
Halaman
1 2