Cegah Corona Saat Libur Akhir Tahun, Legislator PDIP Minta Warga Tak Mudik

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Senin, 30 Nov 2020 18:01 WIB
Cuti Bersama
Ilustrasi (Foto: Fuad Hasim)
Jakarta -

Pandemi COVID-19 masih melanda di Indonesia menjelang akhir tahun 2020. Anggota Komisi IX DPR RI, Rahmad Handoyo meminta agar libur panjang akhir tahun sebaiknya dikurangi. Selain itu, masyarakat diimbau untuk tidak mudik.

"Libur panjang, samakan dengan pada saat tidak ada mudik lebaran Idul Fitri kemarin dengan memberikan libur hanya pada Hari H serta libur hari H tahun baru saja," ujar Handoyo kepada waratawan, Senin (30/11/2020).

Menurut Handoyo liburan panjang berpotensi menyebarkan penularan COVID-19. Khususnya penyebaran melalui orang tanpa gejala (OTG).

"Karena terbukti liburan panjang telah memberikan dampak penyebaran OTG ke daerah daerah," imbuhnya.

Selain itu, politikus PDIP ini juga menyoroti peran penting tokoh agama untuk mengingatkan bahaya COVID-19 kepada masyarakat.

"Tokoh agama bisa menjadi salah satu cara yang efektif dalam pengendalian Covid dengan menggelorakan bahaya Covid, dengan wajib 3 M," kata Handoyo.

Handoyo menilai pemimpin agama dapat menjadi sarana yang efektif untuk mengkampanyekan kebiasaan mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker (3M). Sebab, tokoh agama cenderung memiliki banyak umat.

"Dengan keteladanan pemimpin agama serta pemimpin informal lainnya yang punya masa banyak efektif dalam kampanye budaya 3 M karena akan dikuti oleh umatnya," ujar Handoyo.

Selanjutnya
Halaman
1 2