Respek Mahfud ke Saiq Aqil-Haedar yang Terbuka soal Riwayat Kontak Erat Corona

Tim detikcom - detikNews
Senin, 30 Nov 2020 11:24 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md.
Menko Polhukam Mahfud Md (Dok. Kemenko Polhukam)
Jakarta - Menko Polhukam Mahfud Md menaruh rasa hormat kepada Ketum PBNU Said Aqil Siroj dan Ketua Muhammadiyah Haedar Nashir. Said Aqil dan Haedar Nashir disebut mengumumkan sendiri soal bahaya COVID-19 yang berpotensi menulari orang lain.

Cerita ini diungkap Mahfud Md lewat akun Twitter-nya, Senin (30/11/2020). Mahfud Md mulanya bercerita soal pertemuannya dengan Said Aqil Siroj serta batalnya pertemuan dengan Haedar Nashir.

Dalam ceritanya, Mahfud menyebut dirinya sempat mengobrol dengan Ketum PBNU KH Aqil Siroj di kantor PBNU pada Kamis (26/11) pukul 14.30 WIB. Pada Minggu pagi (29/11), Mahfud mengatakan Said Aqil mengabarkan bahwa dia terinfeksi COVID-19.

"Beliau menyarankan saya lakukan swab karena 3 hari sebelumnya kami ngobrol. Saya pun segera swab," kata Mahfud Md dalam cuitan di Twitter yang sudah disesuaikan dengan ejaan terkini.

Kamis (26/11) sore, Mahfud Md mengontak Haedar Nashir. Haedar Nashir disebut meminta tidak ditemui Mahfud terlebih dahulu karena baru kontak dengan orang yang dinyatakan COVID-19. Mahfud menuruti permintaan Haedar Nashir.

"Kamis sore (26/11), saya kontak Ketua PP Muhammdiyah Pak Haedar Nashir. Saya ingin silaturrahim. Beliau minta tidak ditemui dulu karena beliau baru kontak dengan orang yang kemudian dinyatakan positif COVID. Khawatir terjadi penularan. Kami pun sepakat bicara via telepon cukup lama pada malam harinya," kata Mahfud Md.

Sikap Said Aqil Siroj dan Haedar Nashir yang jujur soal bahaya COVID-19 ini menuai hormat dari Menko Polhukam Mahfud Md. Mahfud Md sangat mengapresiasi sikap itu.

"Hormat, pimpinan puncak kedua ormas Islam terbesar itu selain menjaga dirinya juga menjaga orang lain dari bahaya COVID-19. Keduanya terbuka memberitahu tentang serangan/ancaman COVID pada dirinya dan meminta agar orang lain yang berinteraksi untuk memeriksa dirinya atau tidak menemuinya dulu," kata Mahfud Md.

Tonton juga video 'Ketua Umum PBNU Said Aqil Positif COVID-19'

[Gambas:Video 20detik] (gbr/imk)