Doa Naik Kendaraan Darat dan Laut Lengkap dengan Artinya

Lusiana Mustinda - detikNews
Senin, 30 Nov 2020 06:59 WIB
Portrait of Muslim family looking out of a car window while driving for travel on vacation
Foto: Getty Images/iStockphoto/CreativaImages
Jakarta -

Rasulullah SAW mengajarkan umat Islam agar selalu membaca doa naik kendaraan. Di zaman Rasulullah kendaraan yang umum digunakan adalah unta dan kapal. Sedangkan di masa saat ini kendaraan yang digunakan bisa sepeda motor, bis, kereta api, pesawat hingga kapal laut.


Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Huud ayat 41 berbunyi:

وَقَالَ اَرْكَبُوا فِيهَا بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا ۚ إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ


Artinya: "Dan Nuh berkata: "Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya". Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (Q.S. Hud: 41).

Doa naik kendaraan darat, udara hingga laut sesuai sunnah:


بِاسْمِ اللَّهِ


الْحَمْدُ لِلَّهِ


{ سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ } { وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنقَلِبُونَ }


(3x) الْحَمْدُ لِلَّهِ


(3x) اللَّهُ أَكْبَرُ


سُبْحَانَكَ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي، فَاغْفِرْ لِي، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ.


Artinya: "Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah, Maha Suci Rabb yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Robb kami (di hari kiamat). Segala puji bagi Allah (3x), Allah Maha Besar (3x), Maha Suci Engkau Ya Allah, sesungguhnya aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau." (HR. Abu Dawud (no.2602), at-Tirmidzi (no.3446)).

Doa naik kendaraan tersebut sesuai dengan firman Allah dalam surat Az Zukhruf ayat 12-14:

وَٱلَّذِى خَلَقَ ٱلْأَزْوَٰجَ كُلَّهَا وَجَعَلَ لَكُم مِّنَ ٱلْفُلْكِ وَٱلْأَنْعَٰمِ مَا تَرْكَبُونَ

Artinya: "Dan Yang menciptakan semua yang berpasang-pasangan dan menjadikan untukmu kapal dan binatang ternak yang kamu tunggangi." (QS Az-Zukhruf ayat 12).

لِتَسْتَوُوا عَلَىٰ ظُهُورِهِ ثُمَّ تَذْكُرُوا نِعْمَةَ رَبِّكُمْ إِذَا اسْتَوَيْتُمْ عَلَيْهِ وَتَقُولُوا سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَٰذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ

Artinya: "Supaya kamu duduk di atas punggungnya kemudian kamu ingat nikmat Tuhanmu apabila kamu telah duduk di atasnya; dan supaya kamu mengucapkan: "Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya," (QS. Az-Zukhruf ayat 13)

وَإِنَّآ إِلَىٰ رَبِّنَا لَمُنقَلِبُونَ

Artinya: "Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami". (QS. Az-Zukhruf ayat 14).

Dalam ayat Al-Qur'an tersebut dijelaskan bahwa hikmah dari pembacaan doa di atas adalah bentuk rasa syukur kepada Allah atas nikmatnya yang telah menganugerahkan kendaraan tersebut agar bisa dinaiki mengantar kita ke tempat tersebut.

Kemudian jika ingin melaksanakan perjalanan jauh (safar) dengan kendaraan sebaiknya menambahkan doa sebagai berikut:

Doa naik kendaraan saat perjalanan jauh (safar)

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِى سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِى الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ وَالأَهْلِ


Artinya: "Mahasuci Allah yang telah menundukkan untuk kami kendaraan ini, padahal kami sebelumnya tidak mempunyai kemampuan untuk melakukannya, dan sesungguhnya hanya kepada Rabb kami, kami akan kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan, taqwa dan amal yang Engkau ridhai dalam perjalanan kami ini. Ya Allah mudahkanlah perjalanan kami ini, dekatkanlah bagi kami jarak yang jauh. Ya Allah, Engkau adalah rekan dalam perjalanan dan pengganti di tengah keluarga. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesukaran perjalanan, tempat kembali yang menyedihkan, dan pemandangan yang buruk pada harta dan keluarga." (HR. Muslim (II/998)

Itulah doa naik kendaraan lengkap dengan artinya yang bisa dibaca sebelum melakukan perjalanan jauh.

(lus/erd)