Komisi I Minta Dandim Tindak Tegas Kegiatan Bahayakan Kesehatan Masyarakat

Wilda Nufus - detikNews
Minggu, 29 Nov 2020 11:46 WIB
Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid
Meutya Hafid (Foto: dok. Golkar)
Jakarta -

Dandim 0501/Jakarta Pusat (Jakpus) Kolonel Inf Luqman Arief sempat ditolak saat hendak masuk ke gang rumah Habib Rizieq Syihab di Jalan Paksi, Petamburan, Jakarta Pusat. Komisi I DPR RI mengingatkan TNI untuk tak segan-segan menindak tegas kegiatan yang berpotensi membahayakan kesehatan masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

"Kepada para dandim di seluruh Indonesia agar dapat melakukan langkah-langkah tegas-terukur dalam menjalankan tugas," kata Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid melalui pesan singkat, Minggu (29/11/2020).

Meutya menerangkan TNI khususnya para dandim untuk senantiasa mengedepankan aspek humanis. Terutama, lanjut Meutya, ketika ada kasus penolakan penyemprotan disinfektan seperti yang terjadi di rumah Habib Rizieq kemarin.

"Kita harapkan seluruh dandim mengedepankan yang paling pertama pendekatan dialogis dan humanis. Namun di kala ada penolakan, terutama dalam prosedur yang dianggap dapat membahayakan kesehatan masyarakat luas, maka diharapkan agar dapat melakukan langkah-langkah tegas demi keselamatan lebih banyak orang," ungkapnya.

Politikus Golkar ini menyebut para dandim harus juga melakukan dialog terlebih dahulu kepada masyarakat. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga rasa percaya masyarakat terhadap TNI, namun dengan tetap mengedepankan sikap tegas-terukur.

"Harus tegas-humanis. Jadi tegas namun tetap ada pendekatan dialogis," katanya.

Para dandim dan masyarakat bisa bergotong royong di tempat penurunan baliho, sehingga akan menciptakan iklim kondusif antara TNI dan masyarakat.

"Misalnya di daerah tempat pascapenurunan baliho dapat dilakukan kegiatan-kegiatan karya bakti bersama masyarakat, pembersihan masjid atau saluran air dan lain-lain yang bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

Simak juga video 'Imbas Kerumunan di Petamburan, Wali Kota Jakpus Dicopot':

[Gambas:Video 20detik]



Seperti apa penolakan laskar FPI terhadap kegiatan disinfeksi di gang rumah Habib Rizieq? Simak di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2