150 UMKM Binaan Pertamina Ikuti Indonesia Digital Trade Show 2020

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Sabtu, 28 Nov 2020 13:37 WIB
Kelompok wanita tani Kenanga  memproduksi kerupuk pelangi di kawasan Karawang. UMKM binaan Pertamina ini mampu produksi 100 bungkus kerupuk dalam satu hari.
Ilustrasi. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - PT Pertamina (Persero) mendorong kemandirian dan kebangkitan 150 UMKM binaannya dari dampak pandemi. Salah satunya dengan mengikuti kegiatan Indonesia Digital Trade Show 2020 yang digelar mulai 20 November hingga 7 Desember 2020 agar bisa bersaing di pasar nasional maupun internasional.

Menurutnya Pjs Vice President Corporate Communication Pertamina Heppy Wulansari ajang Indonesia Digital Trade Show in Conjunction with Indonesia Local Brands Expo merupakan wadah yang tepat untuk mempercepat proses digitalisasi produk-produk UMKM.

"Acara ini sesuai dengan roadmap pembinaan UMKM Pertamina yakni Go Modern, Go Digital, Go Online, dan Go Global. Di mana salah satu tahapannya yakni Go Digital, menjadi sangat relevan dengan kegiatan yang digelar saat ini," jelas Heppy dalam keterangan tertulis, Sabtu (28/11/2020).

Apalagi, kata dia, selama pandemi ini Program Kemitraan dan RB Pertamina telah menyelenggarakan sekitar 160 kali pelatihan dengan format digital. Di mana sekitar 50 materi pelatihan yang diberikan bertemakan pengembangan usaha berbasis digital. Hal ini dilakukan agar para UMKM binaan dapat terbiasa dengan perkembangan zaman dan melek digital.

Adapun peserta yang dipilih untuk mengikuti ajang ini sudah dikurasi secara ketat oleh Pertamina. Dari sekitar 8000 UMKM binaan yang tersebar di 29 titik RB Pertamina, dipilih 150 UMKM berdasarkan beberapa kriteria. Seperti kualitas produk, kesiapan UMKM untuk memenuhi permintaan konsumen dan pasar ketika datang ke platform virtual, stok produk, dan keamanan produk untuk dikonsumsi masyarakat.

"Produk makanan dan minuman cukup mendominasi dibanding sektor lain. Sebab, di masa pandemi seperti ini, permintaan akan produk makanan dan minuman cukup tinggi. Terutama untuk produk-produk herbal. Selain sektor kuliner, juga terdapat UMKM dari sektor fashion dan craft yang turut diikutkan Pertamina," ungkapnya.

Pameran ini, lanjut Heppy, digelar secara Virtual dengan konsep digital & realistik (3D Online Exhibition). Sehingga masyarakat dapat memilih produk yang disukai hanya dengan mengunjungi virtual booth yang disediakan. Serupa dengan ajang Pertamina SMEXPO 2020 yang digelar Pertamina pada 9-11 September 2020 lalu.

Ajang ini dibuka secara virtual oleh Teten Masduki Menteri Koperasi dan UKM serta Menteri Perdagangan Republik Indonesia Agus Suparmanto. Dalam sambutannya, baik Teten maupun Agus meminta masyarakat Indonesia dapat berpartisipasi dalam ajang ini sehingga dapat membantu UMKM segera bangkit dari dampak pandemi dan mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Sebagai informasi, bentuk dari kegiatan ini yakni berupa Virtual Exhibition, Virtual Business Matching, Virtual Workshop, Virtual Talk Show & Conference, Virtual Awarding, Virtual Sport & Hobbies, Virtual Tourism, Virtual Street Food, Virtual Fashion Show, dan Virtual Entertainment.

"Cukup berbelanja di rumah melalui situs www.virtualexpo.id dan menikmati hiburan yang di sediakan. Dengan begitu kita bisa turut membantu UMKM lebih mandiri dan berdikari lagi," pungkas Heppy. (prf/ega)