Aksi Dini Hari Suporter Sepakbola di HI Dibubarkan, Ini Kata Polisi

Izzata - detikNews
Sabtu, 28 Nov 2020 12:50 WIB
Aksi suporter di Bundaran HI menyalakan flare dini hari tadi.
Aksi suporter di Bundaran HI menyalakan flare dini hari tadi. (Tangkapan layar/Instagram)
Jakarta -

Sekelompok suporter sepakbola melakukan aksi di Bundaran HI, Jakarta Pusat, dini hari tadi. Massa dibubarkan polisi.

Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (28/11/2020) sekitar pukul 00.14 WIB dini hari tadi. Sekelompok suporter bola berkumpul di HI sambil nyanyi-nyanyi dan menyalakan flare.

Kapolsek Menteng AKBP Guntur Muhammad Thariq mengatakan pihaknya membubarkan para suporter tersebut. Polisi membubarkan para suporter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kita imbau untuk membubarkan diri dan kita monitor pergerakan. Takutnya membuat kegaduhan dan kejadian yang tak diinginkan," ujar Kapolsek Metro Menteng AKBP Guntur Muhammad Thariq saat dihubungi detikcom, Sabtu (28/11/2020).

Menurut Guntur, para pemuda tersebut datang tidak memiliki alasan jelas. Aksi suporter spontanitas.

Guntur mengatakan pihaknya membubarkan aksi tersebut karena kawasan HI juga tidak boleh dijadikan tempat berkumpul massa.

"Kerumunan di sekitar Bundaran Hotel Indonesia, Thamrin, dan Jalan Jenderal Sudirman memang pasti akan dibubarkan. Apalagi mengingat aksi dilakukan tengah malam," jelas Guntur.

Di sisi lain, aksi yang mengundang kerumunan harus memberitahukan terlebih dahulu ke kepolisian. Apalagi situasi saat ini tengah pandemi COVID-19, sehingga kegiatan kerumunan pun diperketat.

"Daerah bundaran HI tidak boleh ada kegiatan massa. Karena tidak akan diijinkan. Kalaupun ada, pasti harus dilengkapi izin dari kepolisian dan pemerintah provinsi ataupun daerah. Jadi emang harus dibubarkan. Terlebih saat ini sedang pandemi," tuturnya.

(mei/mea)