SIDAK 27 November: 4 Berita Teraktual Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 27 Nov 2020 21:56 WIB
Ajang Black Friday jadi Harapan Pedagang di Masa Pandemi Corona
Foto: DW (News)
Jakarta -

Berita ajang Black Friday di tengah pandemi virus Corona menjadi perbincangan hangat publik hari ini. Selain itu, kisah anak yang bekerja untuk melunasi cicilan motor mendiang sang ayah juga jadi berita aktual hari ini.

Rangkuman berita-berita hangat itu ditampilkan dalam tayangan video, berjudul 'ADU CUPANG ANTI MAINSTREAM SIDAK! : 27/11/2020' yang diunggah akun YouTube CXO Media. Rangkuman berita setiap harinya dikemas secara ringan dan ditayangkan setiap pukul 21.00 WIB.

Berikut rangkuman 4 berita teraktual hari ini:

1. Ajang Black Friday Jadi Harapan Pedagang di Masa Pandemi Corona

Di masa normal, Black Friday, sehari setelah hari Thanksgiving, adalah hari belanja tersibuk dalam setahun. Ajang belanja ini biasanya menarik jutaan pembeli yang ingin memulai belanja liburan mereka.

Tetapi ini bukan waktu yang normal: perekonomian sedang naik turun dan kerumunan orang diperkirakan akan berkurang secara dramatis karena pandemi corona.

Banyak toko sekarang berusaha menggunakan peluang ajang belanja Black Friday, dengan menutup tokonya pada Thanksgiving untuk kemudian membuka kembali secara khusus pada hari Jumat dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Hal itu dilakukan untuk meyakinkan pelanggan bahwa mereka aman berbelanja.

"Black Friday masih ada," kata Neil Saunders, direktur pelaksana GlobalData Retail. "Tidak ada pengecer yang menginginkannya terganggu. Karena itu tetap penting untuk membuat konsumen berbelanja dan menyukai suasana liburan."

2. Kisah Anak Jadi Tukang Parkir Demi Lunasi Cicilan Motor Ayah yang Meninggal

Masa anak-anak adalah masa yang paling menyenangkan. Akan tetapi ada beberapa anak yang kurang beruntung karena harus bekerja keras menjadi tulang punggung keluarga.

Seperti kisah haru bocah yang bernama Gilang Sabil Ramahdan ini. Dia menjadi tulang punggung keluarga untuk memenuhi kebutuhan keluarga karena sang ayah telah meninggal dunia.

Bocah berusia 11 tahun ini memakai akun Facebook ayahnya @Rachyantobojez, untuk mencurahkan perasaannya ke dalam grup yang berisi kumpulan para pengemudi ojek online. Sebelumnya, ayahnya yang bergabung dalam grup tersebut.

"Assalamualaikum om-om dan tante gojek semua salam satu aspal. Nama saya Gilang Sabil Ramahdan, saya kerja sebagi tukang parkir, semenjak bapak saya yang kerja sebagi gojek online meninggal. Sekarang saya yang menggantikan beliau mencari nafkah buat bantu keluarga. Alhamdulillah hari ini saya sudah bayar motor bapak, minta bantu doanya ya om-om dan tante Gojek semoga saya dan keluarga sehat walafiat. Salam satu aspal ya om," tulis @Rachyantobojez di GROUP DRIVER GOJEK SE JABODETABEK!!!! (part II) (23/11/2020).

Dalam postingan tersebut, Gilang berfoto dengan pihak leasing motor dan menyerahkan uang untuk melunasi cicilan motor almarhum ayahnya. Dia mengaku bekerja sebagai tukang parkir demi bisa membayar cicilan motor sang ayah setiap bulannya. Selain menjadi tukang parkir, dia dan adiknya juga berjualan gorengan.

3. Dikira Sudah Meninggal, Seorang Pria Hidup Lagi Saat Akan Diformalin

Seorang pria asal Kenya yang disangka telah meninggal dunia membuat kaget petugas kamar jenazah ketika dia tiba-tiba siuman saat hendak menjalani proses formalin.

Peter Kigen, 32, mengalami sakit kritis dan sempat kolaps di rumahnya. Dia kemudian dibawa ke Rumah Sakit Kapkatet, di Distrik Kericho, Kenya. Nyawanya dikira tak terselamatkan dan tubuhnya dibawa ke kamar jenazah, menurut media setempat.

Adik laki-laki Kigen yang membawa Kigen ke rumah sakit, sebagaimana dikutip surat kabar Standard, mengatakan bahwa seorang perawat memberitahu bahwa abangnya itu telah meninggal dunia sebelum tiba di unit gawat darurat.

Akan tetapi penyelia rumah sakit, Gilbert Cheruiyot, menuturkan kepada para wartawan bahwa keluarga pasien tidak menunggu akta kematian dan langsung memindahkan tubuh Kigen ke kamar jenazah atas kemauan mereka sendiri.

Kigen, yang kemudian diwawancarai para jurnalis, menyatakan dirinya "bahagia bisa hidup dan bertekad mendedikasikan hidupnya kepada penyebaran Injil".

4. Viral Adu Ikan Cupang yang Tak Lazim

Sedang tren pelihara ikan cupang. Beberapa pria ini malah asyik adu ikan cupang di atas api. Ikan cupang yang kalah langsung digoreng.

Warnanya yang cantik dan tampilannya yang indah membuat ikan cupang digemari banyak orang. Banyak penggemar ikan hias yang rela membayar harga mahal untuk membeli ikan cupang yang diinginkan.

Tapi tak jarang ikan cupang sering diadu dan dijadikan pertandingan yang seru, meski menuai pro dan kontra sejak dulu. Seperti yang dilakukan beberapa pria lewat video yang diunggah @nopriansyahtantomi di TikTok (26/11).

Dalam video singkat tersebut nampak beberapa pria tengah sibuk menuangkan dua ekor ikan cupang dalam kantung air yang besar. Kantung air itu diletakkan di atas api unggun yang panas.

"Pertandingan anit mainstream abad ini," tulis @nopriansyahtantomi dalam keterangan videonya. Beberapa temannya mulai mengadu dua ekor ikan cupang yang harus bertahan dalam air yang mulai mendidih.

"Siapa yang kalah langsung goreng," tulisnya.

(rfs/aud)