Catat! Ini Perbedaan Resume dan CV Lengkap dengan Contohnya

Puti Yasmin - detikNews
Jumat, 27 Nov 2020 18:18 WIB
ilustrasi fokus Curriculum Vitae lamaran kerja
Foto: Thinkstock/Catat! Ini Perbedaan Resume dan CV Lengkap dengan Contohnya
Jakarta -

Ada beberapa dokumen yang mesti disiapkan dalam melamar pekerjaan, seperti resume dan CV (Curriculum Vitae). Namun, ternyata masih banyak yang bingung perbedaan resume dan CV.

Sekilas, resume dan CV memiliki bentuk yang serupa. Tetapi, kedua dokumen ini memiliki fungsi yang berbeda. Nah, jadi lebih baik kirim CV atau resume ya? Bedah perbedaannya di sini.

Perbedaan Resume dan CV:

  • 1. Resume

Resume adalah informasi atau data penting yang relevan dengan jenis pekerjaan yang dikehendaki. Misalnya, jenis pekerjaan yang dikehendaki adalah sopir, maka jenis SIM, keterampilan mengemudi hingga pemahaman terhadap kendaraan yang perlu dicantumkan.

  • 2. CV

CV adalah dokumen yang penulisannya bersifat ringkas dan mampu mempresentasikan diri. Adapun, informasi yang harus dimasukkan ke dalam dokumen adalah riwayat hidup, berupa data diri, pengalaman, bakat, dan kemampuan.

  • 3. Perbedaan Resume dan CV

-Materi

Resume terdiri dari (1) riwayat pendidikan dan pekerjaan dengan penekanan pada keahlian, keterampilan, dan pengalaman yang dimiliki, (2) tidak menyertakan riwayat yang bersifat personal, (3) lebih singkat, jelas, dan padat informasi

CV terdiri dari (1) riwayat pendidikan, pekerjaan, penghargaan/prestasi/gelar, yang pernah diperoleh, keanggotaan organisasi, hasil karya, dan faktor yang dianggap berguna, (2) boleh menyertakan keterangan yang bersifat personal seperti hobi atau riwayat keluarga.

-Penggunaan

Resume berfungsi untuk (1) melamar pekerjaan dengan posisi atau jabatan yang menuntut pengalaman dan keterampilan yang tinggi, dan (2) sering kali digunakan untuk jabatan-jabatan level managerial

CV berfungsi untuk (1) para pemula yang belum memiliki pengalaman kerja, (2) untuk melamar pekerjaan tertentu, seperti dosen, guru, peneliti, wakil rakyat, dan militer, (3) di Indonesia, CV merupakan salah satu alat yang digunakan untuk seleksi kenaikan jabatan atau yang dulu populer dengan nama 'Litsus' untuk PNS.

-Format

Resume memiliki format yang ditulis secara kronologis atau pun fungsional atau bisa juga kombinasi keduanya

CV memiliki format yang umumnya ditulis secara kronologis, pertama masuk sekolah sampai tingkatan terakhir, atau pertama kali bekerja sampai pekerjaan terakhir

-Kedalaman Informasi

Resume memiliki ruang lingkung informasi yang disajikan terbatas tetapi sangat rinci dan mendalam.

CV memiliki ruang lingkup informasi yang disajikan banyak tetapi tidak secara rinci dan mendalam.

Cek contoh CV dan Resume di halaman selanjutnya ya!

Selanjutnya
Halaman
1 2