Sempat Dirawat di RS Polri, Jumhur Hidayat-Gus Nur Sembuh dari COVID-19

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Jumat, 27 Nov 2020 14:17 WIB
Jumhur dan Gus Nur serta 5 orang tahanan Bareskrim Polri dibantarkan ke RS Polri
Foto: Momen Jumhur dan Gus Nur serta 5 orang tahanan Bareskrim Polri dibantarkan ke RS Polri (dok. Istimewa)
Jakarta -

Sebanyak delapan tahanan Bareskrim Polri yang dirawat di RS Polri Kramat Jati karena terpapar virus Corona (COVID-19) sudah sembuh. Kedelapan orang itu sudah meninggalkan rumah sakit.

"Semua sudah pulang, sudah sembuh," kata Kepala Bidang Pelayanan Medik dan Keperawatan Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Kombes Yayok Witarto, melalui pesan singkat kepada detikcom, Jumat (27/11/2020).

Delapan tahanan itu di antaranya Juliana, Novita Zahara, Wahyu Rasasi Putri, Jumhur Hidayat, Sugi Nur Rahardja (Gus Nur), Kewa Siba, dan Drelia Wangsih. Yayok tidak merinci sejak kapan kedelapan tahanan Bareskrim itu keluar dari rumah sakit. Namun dia menyebut dua orang terakhir dipulangkan ke sel semalam.

"Beda-beda waktunya, yang terakhir 2 (orang) tadi malam," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, 48 orang tahanan Bareskrim Polri terpapar Corona. 8 di antaranya menunjukkan gejala batuk hingga demam.

"Sesuai laporan Kapusdokkes Polri, hasil swab dari 170 tahanan Bareskrim, yang terkonfirmasi COVID-19 sebanyak 48 orang. 8 orang dengan gejala batuk, demam, pusing, flu dan 40 orang tanpa gejala," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono melalui keterangannya, Senin (16/11).

Awi menuturkan, kedelapan orang tersebut dirawat di RS Polri Kramatjati, Jakarta Timur. Sementara, 40 orang tanpa gejala (OTG) diisolasi dan dipisahkan dari tahanan lain yang sehat.

Awi selanjutnya menegaskan protokol kesehatan di rumah tahanan Bareskrim Polri di antaranya dengan menyediakan masker, tempat mencuci tangan atau hand sanitizer, menjaga jarak diterapkan dengan lebih ketat untuk mencegah meluasnya penularan virus Corona.

"Memberikan vitamin dan suplemen serta obat-obatan yang dibutuhkan," kata Awi.

Simak video 'BPOM Sebut Vaksin Sinovac Sudah Penuhi Syarat Label Halal':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)