SIDAK 26 November: 4 Berita Teraktual Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 26 Nov 2020 22:11 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ditetapkan sebagai tersangka penerima suap terkait dengan urusan ekspor benih lobster atau benur.
Edhy Prabowo (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Tertangkapnya Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK masih menjadi topik hangat yang diperbincangkan hari ini. Selain itu, kabar meninggalnya legenda sepak bola Diego Maradona juga ramai dibahas.

Rangkuman berita-berita hangat itu ditampilkan dalam tayangan video, berjudul 'LUHUT BINSAR PANDJAITAN SANG HOKAGE INDONESIA SIDAK! : 26/11/2020' yang diunggah akun YouTube CXO Media. Rangkuman berita setiap harinya dikemas secara ringan dan ditayangkan setiap pukul 21.00 WIB.

Berikut rangkuman 4 berita teraktual hari ini:

1. Luhut Gantikan Edhy Prabowo Sebagai Menteri KKP

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ditetapkan sebagai tersangka penerima suap terkait dengan urusan ekspor benih lobster atau benur.Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ditetapkan sebagai tersangka penerima suap terkait dengan urusan ekspor benih lobster atau benur. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)

Edhy Prabowo ditangkap dalam OTT KPK. Usai Edhy Prabowo ditangkap, posisinya untuk sementara diisi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai menteri ad interim.

Hal tersebut berdasarkan surat yang diteken Mensesneg Pratikno. Adapun Luhut secara definitif menjabat sebagai Menko Kemaritiman dan Investasi yang mengkoordinir Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Menko Luhut telah menerima surat dari Mensesneg yang menyampaikan bahwa berkaitan dengan proses pemeriksaan oleh KPK terhadap Menteri KKP, maka Presiden berkenan menunjuk Menko Maritim dan Investasi sebagai Menteri KKP ad interim," kata Jubir Kemenko Marves Jodi Mahardi kepada wartawan, Rabu (25/11/2020).

2. Barang Mewah Hasil Korupsi Edhy Prabowo: Tas hingga Sepeda

KPK memamerkan barang bukti dari kasus yang menjerat Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Terdapat barang-barang mewah yang disita KPK dalam kasus ini.KPK memamerkan barang bukti dari kasus yang menjerat Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Terdapat barang-barang mewah yang disita KPK dalam kasus ini. Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso, Rifki/ detikcom

KPK memamerkan sejumlah barang bukti dari kasus yang menjerat Edhy Prabowo. Terdapat barang-barang mewah yang disita KPK dalam kasus ini.

"Dari hasil tangkap tangan tersebut ditemukan ATM Bank atas nama AF, tas LV (Louis Vuitton), tas Hermes, baju Old Navy, jam Rolex, jam Jacob n Co, tas koper Tumi dan Tas Koper LV," kata Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango dalam konferensi pers di gedung KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta, Rabu (25/11/2020).

Dari pantauan di lokasi, KPK menunjukkan barang bukti antara lain jam tangan Rolex, tas Louis Vuitton, kartu ATM. Ada juga terlihat wheelset sepeda beserta rangka yang masih terbungkus. Soal sepeda yang menjadi barang bukti, KPK belum menjelaskannya.

3. Faisal Basri Ramal Ekonomi RI Positif di Kuartal II 2021

Ekonom dan politikusEkonom dan politikus Foto: Muhammad Ridho/detikcom

Ekonom senior, Faisal Basri, meramalkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Ia memprediksi pertumbuhan ekonomi RI akan positif di kuartal II tahun 2021.

Pertumbuhan ekonomi kuartal I 2021, prediksi Faisal, akan minus 0,7 persen. Lalu, Faisal meramalkan pada kuartal II 2021, pertumbuhan ekonomi akan positif menjadi 1,4 persen. Prediksi ini berdasarkan pertimbangan kinerja pemerintah dalam menangani COVID.

4. Diego Maradona Meninggal Dunia

Diego Maradona tutup usia pada Rabu (25/11) malam. Legenda sepakbola Argentina itu mencuri atensi publik lewat permainannya di laga Piala Dunia 1986 silam.Diego Maradona tutup usia pada Rabu (25/11) malam. Legenda sepakbola Argentina itu mencuri atensi publik lewat permainannya di laga Piala Dunia 1986 silam. Foto: Rex Features Dok. BBC Indonesia.

Kabar duka datang dari dunia sepakbola. Diego Maradona meninggal dunia di usia 60 tahun.

Menurut laporan dari BBC, Maradona wafat akibat henti jantung. Legenda sepakbola asal Argentina itu menghembuskan napas terakhir di rumahnya, Rabu (25/11/2020) malam.

(isa/imk)