Diprotes Komisi II DPR karena Absen Rapat, Mendagri Tito Minta Maaf

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 26 Nov 2020 15:21 WIB
Mendagri Tito Karnavian
Tito Karnavian (Puspen Kemendagri)
Jakarta -

Pimpinan Komisi II DPR RI sempat protes lantaran Mendagri Tito Karnavian tidak menghadiri undangan rapat kerja Pilkada serentak 2020 pada Kamis lalu. Tito pun meminta maaf tak bisa hadir saat itu lantaran ada agenda penting lainnya.

"Kami mohon maaf pada rapat kerja minggu lalu, hari Kamis, kami tidak hadir karena hari Rabu kami sudah menghadiri rapat annev dengan agenda yang kami liat lebih besar," kata Tito saat rapat kerja dengan Komisi II, Kamis (26/11/2020).

Tito menyebut dirinya diharuskan mendatangi agenda annev tersebut karena agenda tersebut juga membahas terkait antisipasi tahapan Pilkada 2020 ke depan. Oleh karena itu, kata dia, Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh yang diutus hadiri rapat dengan Komisi II minggu lalu.

"Sehingga kami lihat rapat hari Kamis kami melihat bahwa, karena membahas DPT sehingga kami wakilkan kepada Dirjen Dukcapil," ucapnya.

Tak hanya agenda Pilkada 2020, Tito menyebut Kamis yang lalu dirinya juga membahas RPP Omnibus Law. Kemudian, dia juga menyebut memberikan arahan terkait sistem terbaru dalam pengelolaan keuangan daerah.

"Kami memimpin dua acara sangat penting, yaitu dalam rangka final penyusunan rencana RPP, rancangan peraturan pemerintah tentang perizinan berusaha di daerah yang merupakan turunan dari omnibus law yang merupakan satu tanggung jawab Kemendagri, kedua kami dari jam 10.00-14.00 juga memimpin rapat mengenai sistem informasi pengelolaan keuangan daerah," ujarnya.

Atas alasan itu, Tito pun akhirnya meminta maaf kepada pimpinan Komisi II untuk menunda rapat.

"Itu kami mohon maaf untuk tidak hadir hari Kamis, kami sudah hubungi pimpinan untuk diagendakan hari ini, kami terima kasih banyak sudah diagendakan hari ini, khusus daftar pemilih tetap, dan daftar kependudukan," imbuhnya.

Seperti diketahui, Komisi II DPR menunda rapat pembahasan data kependudukan hari Kamis yang lalu. Rapat ditunda karena Tito Karnavian tidak hadir.

Rapat itu sejatinya telah diagendakan untuk digelar Kamis (19/11) pukul 10.00 WIB. Pihak yang diundang dalam rapat ialah Mendagri, KPU, dan Bawaslu.

Selanjutnya
Halaman
1 2