DMI Sulsel Setuju Ada Naskah Khotbah dari Kemenag, Asal Tak Kekang Ulama

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Kamis, 26 Nov 2020 12:05 WIB
Gedung Kemenag/Istimewa
Foto: Gedung Kemenag/Istimewa
Makassar -

Kementerian Agama (Kemenag) berencana menyiapkan naskah khotbah Jumat bagi para ulama. Dewan Masjid Indonesia (DMI) setuju dengan usulan itu asalkan tidak mengekang ulama menyampaikan dakwah.

"Tentu kita berharap tidak juga mengekang mubalig untuk menyampaikan dakwah. Saya kira tidak seperti itu yang dimaksudkan," kata Sekretaris DMI Sulsel Hasyid Hasan saat berbincang dengan detikcom, Kamis (26/11/2020).

Hasyid mengatakan DMI menginginkan dakwah yang disampaikan ke masyarakat berisi pesan-pesan yang mencerahkan dan menyejukkan semua umat.

"DMI berharap memang para mubalig ini adalah tidak menyampaikan pesan dakwah yang provokatif," sebutnya.

Kadang, kata Hasyid, ada dakwah-dakwah yang disampaikan malah membuat suasana di tengah masyarakat tidak sejuk meski hal itu tidak menggambarkan keseluruhan ulama.

"Kita tidak bisa memungkiri ada di antara saudara-saudara kita para mubalig biasanya pesan dakwahnya membuat suasana tidak semakin teduh. Ini kita mau buat umat ini bisa tenang, teduh, aman, dan nyaman aktivitasnya," terangnya.

Kembali soal teks khotbah, DMI tidak mempermasalahkan hal itu, tetapi juga tidak menutup ruang improvisasi bagi para mubalig saat melakukan ceramahnya nanti. Mubalig juga diharapkan bebas menyampaikan pesan dakwah.

"Dan bagi saya, tidak pernah merasakan ada harus pengekangan, harus begini, kita tetap diberi juga kebebasan untuk menyampaikan pesan dakwah," ujarnya.

Bagaimana penjelasan Kemenag soal akan menyiapkan naskah khotbah Jumat itu? Simak halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2