TNI Libatkan Tokoh Adat Cari Prajurit yang Hilang di Tembagapura Papua

Aufa Saiman - detikNews
Kamis, 26 Nov 2020 10:39 WIB
Hermawan Mappiwali-detikcom/ Prajurit TNI di Kodam Hasanuddin Sulsel
Ilustrasi prajurit TNI (Hermawan Mappiwali/detikcom)
Jakarta -

Proses pencarian salah satu anggota TNI Batalyon Infanteri 756/Wimane Sili atau Yonif 756/WMS, Prada Hengki Sumarlin Zai, di Tembagapura, Timika, Papua, masih dilakukan. TNI melibatkan tetua adat dalam proses pencarian Prada Hengki.

Assops Kogabwilhan III Brigjen TNI Suswastyo mengatakan, sampai hari ini, proses pencarian satu anggota TNI yang hilang di Tembagapura masih dilakukan. Ia mengatakan tokoh adat setempat mengatakan Hengki masih berada di sekitar Utikini. Ia menyebut ada cerita supranatural di sekitar lokasi hilangnya Prada Hengki.

"Di sana kan ada cerita-cerita, menurut mereka, Prada Hengki masih di sekitar lokasi hilang," Kata Brigjen Suswastyo, Kamis (26/11/2020).

Brigjen Suswastyo mengatakan pihaknya juga telah menurunkan 130 personel gabungan TNI-Polri dan Basarnas untuk melakukan pencarian di kawasan Kampung Utikini. Ia juga yakin Hengki masih hidup karena tidak ada indikasi tembak-menembak sebelum Hengki hilang.

Prada Hengki Sumarlin Zai dikabarkan hilang saat melakukan patroli di kawasan Kampung Utikini, Distrik Tembagapura, Timika, Papua.

Peristiwa itu terjadi pada Selasa, 17 November 2020, saat itu Tim Satgas Pamrahwan Yonif 756/WMS yang terdiri atas 14 orang anggota melaksanakan patroli di pinggiran sungai Kampung Utikini, Distrik Tembagapura.

Pada pukul 10.25 WIT, Setelah melakukan patroli, tim melaksanakan konsolidasi untuk mengetahui keadaan anggota dan didapati bahwa 1 orang anggota atas nama Prada Hengki Sumarlin Zai tidak diketahui keberadaannya. Yang bersangkutan adalah anggota pengintai depan yang sampai saat ini belum diketahui keberadaannya.

Kepala Penerangan Kodam Cenderawasih Letkol Arm Reza Nur Patria mengatakan proses pencarian anggota TNI yang hilang saat pelaksanaan patroli di Distrik Tembagapura saat ini masih dilakukan.

(ibh/ibh)