Polisi Sebut Pengemudi Pajero Bernopol RI-1 Bicara Ngelantur

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 22:58 WIB
Penampakan mobil pelat RI 1 (Dok Istimewa)
Penampakan mobil pelat RI-1. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Pengemudi mobil Pajero Sport berpelat nomor RI-1 ditangkap polisi setelah memaksa masuk Mabes Polri siang tadi. Polisi menyebut pengemudi berinisial M itu berbicara ngelantur.

"Ngomong-nya agak-agak ngelantur, agak aneh, sudah nggak jelas ngomong-nya. Agak ngotot-ngotot lah intinya ingin membuat Indonesia lebih baik, ingin menjadi bagian dari negara begitu lah, agak ngaco," ujar Kasat Patwal Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Argo Wiyono ketika dihubungi detikcom, Rabu (25/11/2020).

Pengemudi mobil tersebut diamankan saat hendak mencoba masuk ke gedung Mabes Polri, siang tadi. Petugas menyetopnya karena curiga dengan pelat nomor.

"Kronologisnya mobilnya maksa masuk ke Mabes tadi siang, karena pelatnya RI-1 itu mencurigakan ya, diamankan lah oleh piket, Provost," kata Argo.

Selain pengemudi, ada 3 orang lain di dalam mobil itu. Setelah diperiksa, mereka mengaku hendak menyampaikan aspirasi.

"Tujuan pemilik memaksa masuk ke Mabes Polri adalah untuk menyampaikan aspirasi mengatasnamakan ormas KPORI (Kumpulan Penghimpun Organ Rakyat Indonesia) yang menyatakan ketidakpuasan kinerja pemerintah dan Presiden RI," ungkap Argo.

Polisi kemudian memeriksa identitas kendaraan tersebut.

"Setelah kita cek nomornya nomor bodong, cuma tempelan, aslinya pelatnya adalah DD-577-PT," ujar Argo.

Dari gambar yang diterima detikcom, tampak mobil Pajero Sport itu berwarna putih. Terlihat pelat nomor pada bagian belakang mobil itu tertulis RI-1.

Pada gambar lainnya, tampak mobil itu berada di depan gedung Direktorat Lalu Lintas Metropolitan Jakarta Raya. Saat ini mobil tersebut diamankan polisi.

(isa/mei)