Nadiem: Kemendikbud Bukan Hanya Kementerian untuk Sekolah Negeri-Guru PNS

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 17:44 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim
Mendikbud Nadiem Makarim (Rahel Narda Chaterine/detikcom)
Jakarta -

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyampaikan ucapan selamat Hari Guru Nasional. Pada peringatan Hari Guru, Nadiem mengungkapkan kebijakannya yang bertujuan meringankan beban para guru, yaitu bantuan subsidi upah (BSU) guru honorer.

"Karena ini Hari Guru Nasional, saya akan berfokus, pertama, pada hal yang berdampak pada guru kita. Jadi selamat Hari Guru Nasional," kata Nadiem dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (25/11/2020).

Mendikbud Nadiem mengatakan kebijakan BSU guru honorer merupakan bukti bahwa Kemendikbud bukan hanya kementerian untuk sekolah negeri dan guru PNS. Ia menegaskan Kemendikbud adalah kementerian untuk Republik Indonesia.

"BSU ini dihadirkan untuk melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi para dosen, guru non-PNS. Ini adalah untuk menjawab Kemendikbud bukan hanya kementerian untuk sekolah negeri dan guru PNS. Kita adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk Republik Indonesia," tegasnya.

Menurut Nadiem, pemerintah mengeluarkan anggaran Rp 3,6 triliun. Anggaran tersebut akan diberikan kepada sekitar 2 juta tenaga pendidik non-PNS.

"Dan karena itu kita bertekad dan berjuang, dan alhamdulillah dengan dukungan berbagi kementerian, kita dapat Rp 3,6 triliun untuk diberikan ke 2 juta tenaga pendidik kita," ucapnya.

Bagaimana penjelasan Mendikbud Nadiem mengenai bantuan subsidi upah (BSU) untuk guru honorer? Simak halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2