SIDAK 24 November: 5 Berita Teraktual Hari Ini

Dwi Andayani - detikNews
Selasa, 24 Nov 2020 21:50 WIB
Millen Cyrus Rapid Test Usai Ditangkap Terkait Kasus Sabu, Ini Hasilnya
Foto: dok. istimewa
Jakarta -

Hujan es di wiayah Bali dan Lombok menjadi perbincangan hangat. Kemudian Millen Cyrus yang di masukan ke dalam sel pria juga ikut menjadi berita terhangat.

Rangkuman berita-berita hangat itu ditampilkan dalam tayangan video, berjudul 'PS5 HABIS DI SELURUH DUNIA, KAPAN RESTOCK?! SIDAK! : 24/11/2020' yang diunggah akun YouTube CXO Media. Rangkuman berita setiap harinya dikemas secara ringan dan ditayangkan setiap pukul 21.00 WIB.

Berikut rangkuman 5 berita teraktual hari ini:

1. Hujan Es di Bali dan Lombok

Fenomena hujan es terjadi di Banjar Dinas Dadap Putih, Tista, Busungbiu, Buleleng, Bali. Hujan itu berbentuk butiran kecil yang menyerupai es dengan disertai hujan lebat.

Hujan es itu terjadi Minggu (22/11) siang. Hujan berlangsung selama kurang lebih 30 menit. Tak ada korban jiwa dan kerugian dalam fenomena hujan es tersebut.

BMKG Wilayah III Denpasar menjelaskan hujan es normal terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Menurutnya hujan es disebabkan awan cumulonimbus.

"Untuk hujan pada dasarnya normal terjadi ya, untuk wilayah Indonesia bukan sesuatu yang luar biasa jadi lumrah terjadi walaupun wilayah tropis lumrah terjadi. Karena hujan es itu dihasilkan dari awan cumulonimbus dimana awan cumulonimbus itu pada dasarnya komponen awannya terdiri dari partikel air dan juga partikel es begitu. Jadi apabila misalkan partikel es yang ada di awan itu jatuh sampai ke permukaan nggak semuanya mencair itu yang kita sebut dengan hujan es. Kalau nanti mencair sampai bentuk air kan kita ngerasa air itu lebih dingin gitu," kata Forkester BMKG Wilayah III Denpasar, Eka Putra saat dihubungi detikcom, Senin (23/11/2020).

BMKG juga memprediksi kemungkinan hujan es di Bali terjadi kembali. Namun hal itu tergantung dari labilitas udara di daerah.

2. Komnas HAM Minta Polisi Pindahkan Millen ke Sel Wanita

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) meminta polisi memindahkan selebritas Muhammad Millendaru Prakasa Samudro alias Millen Cyrus dari sel pria.

Dilansir CNNIndonesia, komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara mengatakan telah berkomunikasi dengan Divisi Humas Polri terkait pemindahan Millen ke sel wanita.

"Sudah berkomunikasi dengan Divisi Hukum Mabes Polri. Berjanji akan meneruskan permintaan Komnas ke Kapolres Tj Priok supaya yang bersnagkutan ditahan di sel perempuan," kata Beka lewat aku Twitter @Bekahapsara yang dikutip CNNIndonesia.com, Selasa (24/11).

Millen sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penyalahgunaan narkoba dan saat ini ditahan di Polres Pelabuhan Tanjung Priok.

3. Menikmati Wisata Edukasi dan Seni di Kawasan Borobudur

Salah satu ikon Indonesia di mata dunia adalah Candi Borobudur. Kini, kawasan destinasi wisata #DiIndonesiaAja yang terkerak di Magelang, Jawa Tengah itu telah berkembang pesat. Sehingga, pengunjung bisa mendatangi banyak tempat dan melakukan lebih banyak hal setelah berwisata ke Candi Borobudur. Misalnya, ke Museum Samudraraksa yang menjadi wahana baru di Taman Wisata Candi Borobudur.

Dilansir CNNIndonesia mengusung konsep interaktif, Anda bisa menyimak cerita tentang kemaritiman Indonesia pada abad ke-8 yang luar biasa, sekaligus sebagai wujud edukasi. Nama Samudraraksa sendiri diambil dari salah satu nama kapal yang disimpan di museum. Kapal yang dibangun pada 2002 tersebut merupakan replika kapal dari salah satu relief Borobudur, yakni Jataka dan Avadana.

Menurut kisah, kapal kayu tak bermesin itu pernah berlayar dari Indonesia ke Afrika pada 2003 silam.

Wisata sejarah di kawasan Borobudur itu lalu berubah menjadi seni ketika pengunjung mendatangi Desa Wisata Klipoh. Terletak sekitar 15 menit, Desa Klipoh dikenal berkat kerajinan gerabah.

4. Penjual Pentol Mirip MC Nikahan

Penjual pentol yang satu ini tampaknya punya cita-cita menjadi MC acara nikahan. Ia menjual pentol dengan gaya mirip MC, bikin yang beli serasa pengantin Jawa.

Pernah lihat acara pernikahan dengan adat Jawa? Suara MC yang mengalun merdu kerap mengiringi langkah pengantin Jawa saat menjalani proses adat.

Tak hanya di acara nikahan, kini suara merdu khas MC Jawa ini juga bisa terdengar dari gerobak penjual pentol. Dengan bahasa Jawa halus, suara merdu yang mengalun perlahan, penjual ini mempromosikan dagangannya. Ia menjual pentol, bakso, sate sosis dan sate usus ayam.

Saking niatnya, penjual ini juga turut membawa speaker dan microphone agar suaranya bisa didengar oleh banyak orang. Jika mendengar suara dan musik khasnya, tentu orang akan merasakan sensasi menghadiri acara pernikahan dengan adat Jawa.

"Monggo, sayang anak. Sosis, pentol karo sate ayam. Monggo merapat. Wayahe, wayahe sayang anak. Kulo nuwun," ujar sang penjual pentol ini.

Video berdurasi 45 detik ini dibagikan lewat akun twitter @jawafess (22/11). Setelah melihat aksi penjual pentol ala MC pernikahan Jawa ini, banyak orang kemudian melemparkan komentar sekaligus pujian.

5. Bos Sony: Semua PS5 Sudah Terjual

Tampaknya masalah ketersediaan PlayStation 5 (PS5) tak akan diselesaikan dalam waktu dekat, setelah pernyataan terbaru dari CEO Sony Interactive Entertainment Jim Ryan.
Menurut Ryan, stok konsol Sony yang terbaru itu akan sangat tipis sampai batas waktu yang belum ditentukan. Itu dikatakannya dalam sebuah wawancara dengan TASS, sebuah media asal Rusia.

"Semua sudah terjual. Benar-benar semuanya sudah terjual," ujarnya.

"Tahun lalu, saya menghabiskan waktu untuk meyakinkan apakah kami bisa menciptakan permintaan yang cukup untuk produk ini. Namun kini, dalam posisi saya sebagai eksekutif, saya berusaha keras untuk mencukupi pasokan agar sesuai dengan permintaan," tambahnya.

(dwia/knv)