Round-Up

Kala Ketatnya Penjagaan Rumah Habib Rizieq Munculkan Tanda Tanya

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Selasa, 24 Nov 2020 21:12 WIB
kawasan Petamburan, Jakarta, disemprot disinfektan. Hal itu dilakukan usai adanya temuan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di kawasan tersebut.
Ilustrasi kawasan Petamburan Disemprot Disinfektan (Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Jakarta -

Puluhan anggota Laskar Pembela Islam (LPI) siaga berjaga-jaga dan tidak mengizinkan petugas yang hendak menyemprotkan disinfektan di kediaman Habib Rizieq Syihab (HRS). Kondisi ini melahirkan tanda tanya segenap kalangan. Ada apa?

Awalnya, sempat menghadang petugas yang hendak menyemprotkan disinfektan di kawasan Petamburan III, Jakarta Pusat, pada Minggu (22/11). Setelah berbincang dengan warga, petugas segera melaksanakan kegiatan sterilisasi di kawasan ini.

Ketika mobil bergerak melewati kediaman Habib Rizieq, tampak puluhan anggota Laskar Pembela Islam (LPI) berjaga di depan Gang Paksi. LPI tidak memperkenankan petugas memasuki area ini.

Akhirnya, petugas pun memutuskan melanjutkan giat penyemprotan hingga ujung Jalan Petamburan III. Tampak pula enam petugas membawa alat penyemprot disinfektan portabel menyusuri area depan rumah warga.

Kejadian serupa kembali terjadi pada Senin (23/11). Polisi kembali melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah Petamburan, Jakarta Pusat. Gang menuju rumah Habib Rizieq Syihab yang masih dijaga laskar FPI dilewati.

Di ujung gang, terdapat sejumlah anggota laskar FPI yang berjaga. Mereka berseragam putih. Di belakang laskar FPI, ada sejumlah warga yang turut berjaga.

Rentetan kejadian itu menarik perhatian publik dan menimbulkan pertanyaan besar. Ada kalangan yang menyayangkan aksi anggota laskar FPI yang berlebihan menjaga dan menolak penyemprotan disinfektan. Ada juga yang mengingatkan ancaman sanksi pidana bagi siapa pun yang melanggar aturan.

Wagub DKI Minta Laskar FPI Bekerja Sama

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berharap Laskar Pembela Islam dari Front Pembela Islam (FPI) yang berjaga di gang rumah Habib Rizieq bisa bekerja sama dalam proses penyemprotan disinfektan.

Riza berharap penyemprotan disinfektan di sekitar rumah Habib Rizieq di Petamburan bisa berjalan lancar.

"Insyaallah teman-teman di Petamburan (laskar) bisa bekerja sama dengan baik. Memang kita melakukan pembersihan dan disinfektan di semua lingkungan. Tidak hanya di Petamburan, tapi di banyak tempat. Secara berkelanjutan, secara rutin," ucap Riza Patria kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (24/11/2020).

Riza memberi contoh beberapa tempat yang sering dilakukan penyemprotan disinfektan. Riza menyebut penyemprotan tak hanya dilakukan di permukiman, tapi juga menyasar hingga pusat perbelanjaan.

Apalagi, menurut Riza, di lokasi tersebut telah terjadi keramaian atau kerumunan. Penyemprotan disinfektan, kata dia, perlu dilakukan sebagai antisipasi penyebaran COVID-19.

Komisi VIII DPR: Doni Monardo Harus Tegas

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang meminta agar Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo bersikap tegas.mengadapi penolakan laskar FPI terhadap petugas yang hendak menyemprot disinfektan ke area rumah Habib Rizieq.

"Sebagai Gugus Tugas atas Satgas sekarang ini ya Pak Doni mestinya merekomendasikan dengan sikap tegas saja," kata Marwan saat dihubungi, Selasa (24/11/2020).

Ketua DPP PKB ini juga menilai kejadian polisi yang dihalangi masuk ke kawasan rumah Habib Rizieq sebagai bentuk kekalahan aparat penegak hukum. Menurutnya, kegiatan menyemprot disinfektan bertujuan untuk kebaikan semua pihak.

Marwan juga menyoroti sikap Satgas COVID-19 yang pernah membagikan masker saat Habib Rizieq sedang menggelar acara Maulid Nabi dan pernikahan anaknya. Marwan menilai sikap Satgas COVID-19 cenderung mendukung acara kerumunan.

Marwan juga akan mempertanyakan hal itu langsung kepada Doni saat rapat dengan Komisi VIII DPR. Termasuk, juga soal alasan Satgas COVID-19 yang tidak bersikap saat ada pihak yang menghalangi tugas aparat yang ingin menyemprot disinfektan di gang rumah Habib Rizieq.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3