8 Manfaat Wudhu untuk Terapi Kesehatan

Tim Hikmah detikcom - detikNews
Selasa, 24 Nov 2020 19:08 WIB
Massa GNPF MUI akan menggelar aksi damai di Monas, Jakarta, Jumat (2/12/2016) besok. Fasilitas aksi damai seperti panggung dan tempat wudhu telah disiapkan di Monas.
Foto: Lamhot Aritonang/8 Manfaat Wudhu untuk Terapi Kesehatan
Jakarta -

Wudhu adalah kegiatan bersuci dari hadats kecil dengan membasuh anggota badan tertentu dengan air suci dan mensucikan disertai dengan niat. Perintah wudhu disebutkan dalam Surat Al Maidah ayat 6.


يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قُمْتُمْ اِلَى الصَّلٰوةِ فَاغْسِلُوْا وُجُوْهَكُمْ وَاَيْدِيَكُمْ اِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوْا بِرُءُوْسِكُمْ وَاَرْجُلَكُمْ اِلَى الْكَعْبَيْنِۗ وَاِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوْاۗ وَاِنْ كُنْتُمْ مَّرْضٰٓى اَوْ عَلٰى سَفَرٍ اَوْ جَاۤءَ اَحَدٌ مِّنْكُمْ مِّنَ الْغَاۤىِٕطِ اَوْ لٰمَسْتُمُ النِّسَاۤءَ فَلَمْ تَجِدُوْا مَاۤءً فَتَيَمَّمُوْا صَعِيْدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوْا بِوُجُوْهِكُمْ وَاَيْدِيْكُمْ مِّنْهُ ۗمَا يُرِيْدُ اللّٰهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِّنْ حَرَجٍ وَّلٰكِنْ يُّرِيْدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهٗ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ - ٦

"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan salat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. Jika kamu junub, maka mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, maka jika kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur."

Dalam ayat di atas selain memberikan perintah wudhu sebelum sholat, secara tersirat mengajarkan kita untuk hidup bersih dan suci. Karena pada hakikatnya manusia tidak luput dari kotoran, kesalahan dan dosa.


Berikut manfaat wudhu dilansir buku Hikmah Sehat Gerakan Sholat oleh 7 Sahabat:


1. Mencuci Tangan

Manfaat mencuci tangan yakni dengan pijatan-pijatan dan stimulan yang baik maka akan dapat membongkar pengapuran yang terjadi di semua jari. Termasuk penyumbatan sistem elektrik yang bila tersumbat akan sangat mengganggu sistem sirkulasi.


2. Berkumur

Manfaat berkumur maka akan menyehatkan mulut karena tidak terjadi pembusukan di mulut. Pembusukan terjadi di lambung dengan membawa enzim pembusuk yang berasal dari mulut sehingga dengan berkumur kesehatan mulut dan gigi terjaga.

3. Instinsyaq

Manfaat instinsyaq atau membersihkan hidung yakni lubang hidung menjadi sehat. Dengan sedotan yang kuat hingga terasa nyeri di pangkal hidung akan membantu penyembuhan yang mempunyai masalah pilek dan sinusitis.

4. Mencuci Muka

Dengan melakukan gerakan tarik air dari daerah pipi ke arah atas akan mampu mengangkat pipi ke atas. Hal ini akan mengencangkan posisi pipi kanan dan kiri.

5. Membasuh Tangan


Dengan melakukan pijitan di daerah cekungan siku maka akan terjadi kontrol keaktifan saraf di daerah jari jemari khususnya jari manis.

6. Mengusap Kepala

Menggerakkan atau mengusapkan jari ke kepala dengan cara menjarangkan jari-jari di atas kepala akan menyebabkan stimulan terhadap kulit kepala. Sentuhan ini membuat aktif saraf di kepala sehingga kesegaran di daerah kepala akan semakin terasa.

7. Membersihkan Telinga

Gerakan ini akan meningkatkan kualitas daya ingat dan sistem keseimbangan seseorang akan stabil.

8. Membasuh Kaki

Dengan membasuh kaki, manfaat gerakan sholat ini dapat mengaktifkan sistem buangan di daerah kaki dan mata kaki. Sehingga penyakit pengapuran dini akan terhindari bahkan membantu sistem buangan dari daerah paha atau dengkul melalui ujung jari kaki.


Mengingat pentingnya manfaat wudhu, Rasulullah juga menganjurkan kita untuk melakukannya sebelum tidur.


Hal ini sesuai hadits Bukhari dan Muslim seperti dikutip dari buku Biologicaliosophy karya Rena Erlianisyah Putri:

"Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur) maka hendaklah berwudhu terlebih dulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat." (HR Bukhari dan Muslim.)

(nwy/erd)