Dinkes Sumsel: Angka Kesembuhan Pasien Corona 82%, di Atas Nasional

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 24 Nov 2020 17:49 WIB
Poster
Ilustrasi virus Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Palembang -

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan Lesty Nuraeni mengatakan ada 9.113 orang yang positif Corona di Sumsel. Sebanyak 487 orang di antaranya meninggal.

"Jumlah pasien sembuh di Sumsel tercatat 7.384 orang, angka kesembuhan di Sumsel 82 persen. Artinya, kesembuhan COVID-19 masih di atas nasional," kata Lesty kepada wartawan, Selasa (24/11/2020).

Dia mengatakan pihaknya terus berupaya menekan penyebaran COVID-19. Salah satu upaya adalah wajib menggunakan masker, wajib mencuci tangan, dan wajib menjaga jarak.

"COVID-19 bukan hanya merenggut nyawa dari masyarakat. Tapi tenaga medis sudah banyak tidak tertolong. Di Sumsel, ada 14 tenaga medis meninggal melawan COVID-19. Kita harus menghargai pengorbanan mereka, patuh terhadap prokes (protokol kesehatan)," katanya.

Menurut Lesty, jumlah tenaga medis yang meninggal itu tercatat sejak awal pandemi merebak. Tenaga medis yang gugur ini menyebar di berbagai daerah di Sumsel.

"Mereka ini yang meninggal dunia karena langsung menangani pasien COVID-19 yang ada di Sumsel. Kita harus bisa melakukan testing agar kita dapat menekan angka kematian serta mendeteksi dini COVID-19," katanya.

Lesty mengklaim pihaknya terus melakukan tracing, testing, dan treatment untuk mendeteksi COVID-19. Ada 1.342 tempat tidur isolasi yang disiapkan.

(ras/haf)