Satgas Paparkan Tren Kenaikan Kasus Corona di 3 Periode Libur Panjang

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 24 Nov 2020 17:19 WIB
Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito
Wiku Adisasmito (Foto: dok. BNPB)

Kenaikan kasus setelah libur panjang dinilai karena kurangnya penerapan protokol kesehatan selama liburan. Wiku menyebut masyarakat belum taat menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

"Penting untuk diketahui kenaikan kasus positif pada massa libur panjang disebabkan oleh penularan yang masih terjadi akibat kurang disiplinnya masyarakat terhadap protokol kesehatan terhadap menjaga jarak dan menjauhi kerumunan," katanya," tuturnya.

"Oleh karena itu, untuk mengantisipasi ini, saya selalu menekankan pentingnya disiplin terhadap protokol kesehatan 3M serta selalu menghindari kerumunan dalam setiap kegiatan," lanjutnya.

Wiku menyebut setelah libur panjang selama pandemi Corona selalu memakan korban. Dia menyebut saat ini pemerintah tengah mengkaji soal libur panjang akhir tahun.

"Pemerintah saat ini sedang mengkaji periode masa libur panjang akhir tahun karena, berdasarkan analisis libur panjang pada masa pandemi, memakan korban. Pada prinsipnya apa pun keputusan yang diambil oleh pemerintah, maka keputusan ini akan selalu mengutamakan keselamatan masyarakat Indonesia di tengah pandemi COVID-19," sebut Wiku.

Halaman

(lir/knv)