Tes Corona Turun Saat Libur, Satgas Minta Pemda Konsisten Kelola Laboratorium

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 24 Nov 2020 16:42 WIB
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito
WIku Adisasmito (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 menyoroti penurunan jumlah tes yang dilakukan pada saat hari libur. Satgas meminta pemerintah daerah konsisten terus melakukan penanganan Corona.

"Diketahui pula pada pekan liburan terjadi penurunan jumlah orang yang diperiksa yang mengakibatkan jumlah kumulatif positif serta positivity rate minggu turun," kata Juru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito melalui siaran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (24/11/2020).

Wiku menyebut penurunan jumlah tes itu harus dilakukan evaluasi. Dia meminta pemerintah konsisten mengelola operasional laboratorium tes Corona.

"Hal ini menjadi bahan evaluasi pemerintah pusat maupun daerah untuk terus konsisten dalam mengelola operasional laboratorium testing," katanya.

Selain itu, Wiku meminta pemerintah daerah melakukan pengawasan terkait perkembangan Corona di wilayahnya. Pengawasan itu akan digunakan sebagai dasar untuk membuat kebijakan strategis.

"Oleh karena ini Satgas berusaha mendorong pemerintah daerah untuk terus melakukan pengawasan kondisi pada tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk menganalisa situasi yang lebih rinci sebagai dasar pengambilan kebijakan strategis," kata dia.

Simak video 'Kasus Corona Indonesia Tertinggi di ASEAN':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2