Jagoan PD Lawan Mantu Jokowi di Medan, AHY Harap Negara Adil

Datuk Haris Molana - detikNews
Senin, 23 Nov 2020 17:19 WIB
AHY bersama Akhyar-Salman di Medan (Datuk-detikcom)
Foto: AHY bersama Akhyar-Salman di Medan (Datuk-detikcom)
Medan -

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), bicara soal tantangan yang dihadapi jagoan Demokrat di Pilkada Medan, Akhyar Nasution-Salman Alfarisi. AHY berharap institusi negara bertindak adil di Pilkada Medan.

"Ya, selalu penuh dengan tantangan, kita hanya berharap, kita hanya bermohon kepada siapapun, Pemilu atau Pilkada digelar secara adil, fair, netral artinya jangan sampai ada elemen-elemen tertentu, aparat-aparat tertentu yang seharusnya perilaku, bersikap dan bertindak netral dan imparsial sesuai amanat konstitusi dan juga UU yang mengaturnya kemudian, ikut-ikutan dalam proses politik praktis," kata AHY dalam media gathering bersama Akhyar-Salman di Hotel Adimulia, Medan, Sumut, Seniin (23/11/2020).

Hal itu disampaikan AHY saat menjawab pertanyaan soal keyakinannya terkait peluang Akhyar-Salman menang di Pilkada Medan meski melawan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Nasution. AHY menyebut institusi yang harusnya netral tak boleh ikut campur dalam Pilkada.

"Kalau yang punya hak suara ya silakan, mereka punya hak suara. Tetapi institusi- institusi yang memang harusnya netral dan imparsial, itu semua kita harapkan mereka bisa menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya. Sehingga jika itu bisa kita jamin bersama, jika negara bisa jamin itu semua, maka tidak perlu harus mengkhawatirkan siapapun kontestan, siapapun kompetitor kita," ucapnya.

Dia mengatakan kalau negara bisa adil, maka koneksi kandidat dengan pihak yang punya kekuasaan politik jadi tak terlalu berarti. Dia berharap Pilkada Medan berjalan dengan adil.

"Jadi apapun koneksi yang dimiliki oleh seorang kandidat, baik terhadap koneksi kekuasaan politik maupun koneksi kekuasaan logistik tidak terlalu berarti kalau yakinkan benar bahwa negara adil, negara fair, open, transparan dan juga aparat-aparat, institusi-institusi yang netral dan imparsial tadi benar-benar berfungsi dengan baik, maka tentunya ada kompetisi yang fair," ujar AHY.

Dia mengaku optimis Akhyar-Salman bisa menang di Pilkada Medan. AHY meminta Akhyar-Salman dan timnya tak terlena dengan hasil survei.

"Jadi, saya tetap memiliki optimisme sekali lagi, Pak Akhyar, Pak Salman bisa menghadapi segala tantangan tersebut, berbekal semoga hasil survei yang baik menambah semangat tapi tidak membuat kita jemawa," ujar AHY.

(haf/haf)