JR UU Narkotika, Kala Ganja untuk Kesehatan Berakhir 8 Bulan Penjara

Andi Saputra - detikNews
Senin, 23 Nov 2020 14:31 WIB
Sidang vonis Fidelis
Foto: Fidelis Arie Sudewarto (Dokumentasi Tim Pengacara Fidelis)
Jakarta -

Fidelis Arie Sudewarto dihukum 8 bulan penjara oleh Pengadilan Negeri (PN) Sanggau pada 2017 silam karena dinilai melanggar UU Narkotika yaitu menanam pohon ganja. Padahal, ganja itu untuk mengobati istrinya yang sakit. Kini, sejumlah orang mengajukan judicial review (JR) dan meminta Mahkamah Konstitusi (MK) melegalkan ganja untuk kesehatan.

Berdasarkan putusan PN Sanggau yang dikutip detikcom, Senin (23/11/2020), Fidelis dinyatakan bersalah karena tanpa hak dan melawan hukum menggunakan narkotika Golongan I terhadap orang lain. Putusan itu diketok oleh ketua majelis hakim Achmad Irfir Rochman dengan anggota John Malvino Seda Noa Wea dan Maulana Abdillah.

Alasan Fidelis menanam ganja karena untuk mengobati istrinya, Yeni Riawati yang mengalami lumpuh pada kedua kaki, badan dan tangan sebelah kiri. Serta mengalami luka pada beberapa bagian tubuh. Yeni mengalami hal itu sudah 3 tahun lamanya.

Caranya, Fidelis mengolah bunga ganja sebagai obat dengan cara diekstrak dan daunnya dicampurkan dalam makanan. Daun ganja juga dibuat jus untuk diminum istrinya agar sembuh.

Selanjutnya, alasan dari majelis hakim soal penjatuhan hukuman penjara ke Fidelis:

Selanjutnya
Halaman
1 2