Penularan COVID Tinggi, Golkar Sepakat Libur Akhir Tahun Dikurangi

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Senin, 23 Nov 2020 13:19 WIB
Ace Hasan Syadzily (Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom)
Foto: Ace Hasan Syadzily (Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom).
Jakarta -

Presiden Joko Widodo meminta agar libur akhir tahun 2020-2021 dikurangi. Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Ace Hasan Syadzily sepakat agar libur akhir tahun dikurangi guna memotong mata rantai penularan virus Corona (COVID-19).

"Saya kira kebijakan pengurangan libur panjang akhir tahun ini perlu dipertimbangkan. Hal ini semata-mata untuk menghindari dan memotong mata rantai penularan COVID-19," kata Ace kepada wartawan, Senin (23/11/2020).

Ketua DPP Partai Golkar ini kemudian menyoroti pengalaman libur panjang yang sudah pernah dilakukan di masa pandemi. Ace menilai tingkat penularan COVID-19 selalu tinggi saat libur panjang.

"Sebagaimana kita tahu, belajar dari pengalaman libur panjang akhir pekan pada era pandemi ini, tingkat penularan COVID-19 selalu tinggi," ucap Ace.

"Berangkat dari pengalaman itu, seharusnya soal libur akhir tahun ini sebaiknya dikurangi saja," sambungnya.

Namun, Ace meminta agar libur akhir tahun jangan sampai dihilangkan semua. Menurutnya, perayaan Hari Raya Natal bagi Umat Nasrani dan Hari Libur Tahun Baru harus tetap menjadi hari libur.

"Jangan dihilangkan (semua) karena di akhir tahun itu ada perayaan Natal. Kita harus menghormati umat Kristiani yang merayakan ibadah Natal mereka. Selain itu, juga ada tahun baru, yang memang harus tetap diliburkan," ujarnya.

Selain itu, Ace juga meminta agar pemerintah mengantisipasi ledakan kasus COVID-19 yang mungkin terjadi saat libur akhir tahun. Ia mengimbau agar pemerintah tetap menyiapkan pengetatan protokol kesehatan menjelang perayaan Hari Natal.

"Harus dibuat juga protokol kesehatan perayaan Natal yang dibuat oleh Pemerintah agar terhindar dari penularan COVID-19," tegas Ace.

Presiden Jokowi meminta ada pengurangan hari libur di liburan akhir tahun. Simak selengkapnya di halaman sebelah.

Selanjutnya
Halaman
1 2