Jokowi Minta Satgas-Gubernur Tegas Cegah Potensi Kegiatan Langgar Protokol

Tim Detikcom - detikNews
Senin, 23 Nov 2020 10:28 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi pesan khusus kepada Komite, Satgas, dan gubernur terkait penanganan Corona. Dia meminta semua tetap waspada dan tidak kendur menangani Corona.

"Dengan capaian seperti itu saya minta Komite, Satgas, para gubernur, untuk tetap waspada. Strategi yang sejak awal kita sampaikan, rem dan gas itu betul-betul diatur betul, jangan sampai kendur dan jangan sampai risiko memunculkan gelombang yang kedua ini yang bisa membuat kita set back mundur lagi," ujar Jokowi, dalam Ratas yang disiarkan di YouTube Setpres, Senin (23/11/2020).

Oleh karena itu, Jokowi meminta kepala daerah dan Satgas mengantisipasi serta mencegah adanya kegiatan yang berpotensi melanggar protokol kesehatan. Ia meminta penindakan terhadap kegiatan yang melanggar protokol kesehatan dilakukan secara tegas.

"Karena itu, langkah-langkah pencegahan dan intervensi terhadap potensi-potensi kegiatan yang melanggar protokol harus dilakukan dengan ketegasan. Lakukan tindakan pencegahan sedini mungkin," ujarnya.

Tak hanya itu, Jokowi meminta Kemendagri dan Mabes Polri juga menegakkan aturan terhadap potensi pelanggaran protokol kesehatan pada penyelenggaraan Pilkada. Sebab, jangan sampai kegiatan tersebut mengganggu penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi.

"Saya juga minta kepada Mendagri, Kapolri, dan Satgas di daerah untuk memberi perhatian khusus pada proses Pilkada karena tinggal 2 minggu lagi agar ini juga tidak mengganggu kerjaan besar kita, yaitu menyelesaikan COVID-19 dan ekonomi," ujar Jokowi.

(yld/imk)