Bacaan Tasbih, Takbir, Tahmid: Keutamaan dan Manfaatnya

Tim hikmah detikcom - detikNews
Senin, 23 Nov 2020 10:00 WIB
zikir sebelum tidur
Foto: iStock/Bacaan Tasbih, Takbir, Tahmid: Keutamaan dan Manfaatnya
Jakarta -

Bacaan tasbih, takbir, dan tahmid adalah tiga bacaan yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. Bacaan ini dianjurkan dibaca sebagai kalimat zikir, utamanya usai sholat.

Bacaan itu sudah menjadi satu rangkaian yang tidak bisa dipisah-pisahkan. Ketiga bacaan ini tergolong bacaan ringan yang tidak membutuhkan waktu banyak untuk membacanya.

Namun jangan dikira bacaan itu tidak memiliki keagungan pahala. Bacaan itu ringan di lidah namun berat bobot pahalanya.

Yang dimaksud bacaan tasbih yakni: Subhanallah (سبحان الله), artinya Maha Suci Allah.


Bacaan tahmid yakni Alhamdulillah (الحمد لله), artinya segala puji bagi Allah.


Bacaan takbir yakni Allahu Akbar (الله أكبر), artinya Allah Maha Besar.

Jika bacaan tasbih, takbir, tamid, digabungkan yakni:

ﺳُﺒْﺤَﺎﻥَ ﺍﻟﻠﻪْ ﻭَﺍﻟْﺤَﻤْﺪُ ﻟِﻠﻪْ ﻭَﻵ ﺍِﻟَﻪَ ﺍِﻟَّﺎ ﺍﻟﻠﻪْ ﻭَﺍﻟﻠﻪُ ﺍَﻛْﺒَﺮْ

"Maha suci Allah, dan segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar."


Keutamaan Bacaan Tasbih, Takbir, dan Tahmid dikutip dari buku Berzikir Cara Nabi: Merengkuh Keutamaan Zikir Tahmid, Tasbih, Tahlil, dan dan Hauqala oleh Abdur Razzaq Ash-Shadr:

1. Kalimat yang Paling Dicintai Allah. Imam Muslim dalam kitab shahihnya meriwayatkan dari hadits Samurah bin Jundab ra, dia berkata:

"Rasulullah SAW bersabda: Kalimat yang paling dicintai Allah ada 4. Anda tidak ada salah memulai dari kalimat mana saja: Subhanallah, Alhamdulillah, Laa ilaaha illallah, dan Allahu Akbar.

2. Kalimat Pelebur Dosa

Dalam kitab Al Musnad, Sunan At Tirmidzi, dan Musadrak Al Hakim, terdapat riwayat dari hadits Abdullah bin 'Amr ra, dia berkata:

"Rasulullah SAB bersabda: "Di muka bumi ini, setiap kali seseorang membaca kalimat laa ilaaha illallaah, Allaahu Akbar, Subhaanallah, Alhamdulillaah, dan Laa haula walaa quwwata illaa billaah, maka dosa-dosanya dilebur meskupun lebih banyak dari buih di laut."

Dosa yang dilebur yakni dosa kecil. Sedangkan dosa besar tidak bisa dilebur dengan tobat.

3. Tanaman Surga

At Tirmidzi meriwayatkan dari Abdullah bin Mas'ud ra, dari Nabi SAW, Beliau bersabda: "Aku bertemu dengan Ibrahim pada malam ketika aku diisra'kan. Lalu Ibrahim berkata, 'Wahai Muhamamd, samapaikan salamku kepada umatmu dan beritahulah mereka bahwa surga itu baik tanahnya, tawar airnya, dan surga itu qi'an, yang tanamannya adalah subhaanallah, alhamdulillah, laa ilaaha illallah, dan Allahu Akbar."


Manfaat Tasbih, Tahmid, dan Takbir dilansir buku 'Ensiklopedia Amal Shaleh Jilid 1: Belajar Dan Menuntut Ilmu' karya Tim Ahnaf:

a. Kalimat tasbih, tahmid, dan takbir sangat ringan bagi kita untuk diucapkan namun pahalanya sangat besar.

b. Ketiga kalimat ini memiliki banyak balasan akhirat yang kita cari yakni ampunan dan balasan pahala yang berlipat-lipat.

c. Seperti kalimat zikir lainnya, bacaan tasbih, takbir, dan tahmid juga sangat disukai Allah. Jika sering membacanya, kita juga akan disukai Allah.

(nwy/erd)