Menpora Sebut Kepri Cocok Jadi Tempat Pengembangan Sport Tourism

Yudistira Imandiar - detikNews
Senin, 23 Nov 2020 09:11 WIB
Kemenpora
Foto: Kemenpora
Jakarta -

Kepulauan Riau (Kepri) dikelilingi kawasan perairan yang memiliki potensi wisata menjanjikan. Oleh sebab itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menilai Kepri cocok untuk menjadi lokasi pengembangan sport tourism bahari.

Hal itu dikemukakan Zainudin pada acara jamuan makan malam oleh Pjs Gubernur Kepri Bahtiar Baharudin, di Restoran Kelong Shangrila, Sabtu, (21/11) malam.

"Mengingat bahwa Kepri banyak dikitari lautan dan yang terkenal dalam peradaban sebagai Selat Malaka, sangat cocok dikembangkan olahraga bahari sekaligus pariwisata," kata Zainudin dalam keterangan tertulis, Senin (23/11/2020).

Ia mengulas di Kepri terdapat banyak tempat dengan pemandangan yang indah. Sebut saja Treasure Bay Bintan dan Bintan Cakrawala Resort, Lagoi, Kabupaten Bintan.

"Saya tadi mampir ke Lagoi, indah dan pasti banyak diminati. Contoh, Thailand saja yang dulu hanya mengandalkan pendapatan sektor hiburan sekarang sudah paket wisata dan olahraga. Negara kita lebih punya potensi karena sumber daya alam yang luar biasa," ungkap Zainudin.

"Lagoi ini indah dan pasti banyak diminati, apalagi sudah dirancang dengan berbagai fasilitas untuk bisa berolahraga," lanjutnya.

Letak Kepri juga dianggap strategis, karena berada di Selat Malaka berbatasan langsung dengan beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Kamboja, Vietnam, dan menjadi persinggahan lalu-lintas perdagangan internasional. Dengan letak geografis tersebut, Kepri dinilai Zainudin akan mudah mendatangkan orang bila ada kemasan pariwisata berpaket olahraga.

"Sekarang tinggal kita bagaimana meyakinkan negara-negara lain tentang penanganan COVID, jika mereka sudah percaya disini akan mudah karena jarak antar negara dekat," terang Zainudin.

Menanggapi pernyataan Menpora, Pjs Gubernur Kepri Bahtiar Baharudin mengatakan dalam waktu dekat akan diadakan perlombaan olahraga air perahu naga yang menurutnya banyak diminati wisatawan.

"Tanjungpinang ini dalam sejarahnya adalah pusat peradaban dan pusat perdamaian, semua bangsa lewat dan singgah di sini (Selat Malaka), nanti ada dragon boat semoga menggeliatkan kembali olahraga dan perekonomian," papar Bahtiar.

Sementara itu, Direktur Human Resources & Administration Treasure Bay Bintan Nana Pardianawati menerangkan Treasure Bay Bintan dengan luas sekitar 90 hektare berfasilitas sangat memadai untuk para penikmat rekreasi sekaligus dapat berolahraga.

Tersedia Fun Park yang menyediakan mobil klasik, solar boat. Selain itu, ada cabel sky, untuk bermain ski dengan tetap aman karena tetap terkendali dalam kabel. Bagi pecinta olahraga adrenalin tersedia X-Treme Adventure dengan ATV Off-Road Trains, Mini Electric ATV, dan lain-lain.

(ega/ega)