Rapid Test Massal Gratis di Petamburan Berlangsung hingga 3 Hari

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Minggu, 22 Nov 2020 21:14 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Kasdam Jaya Brigjen TNI Muhammad Saleh Mustafa mengecek acara rapid test gratis di Petamburan, Jakarta Pusat. Lokasi tes Corona itu berada di SDN Petamburan 01.
Foto: Kapolda Metro Jaya dan Kasdam Jaya mengecek rapid test gratis di Petamburan, Jakarta (Dok detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya mengelar rapid test massal gratis di SDN Petamburan 01, Tanah Abang, Jakarta Pusat hari ini. Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyebut bahwa rapid test massal itu akan berlangsung selama 3 hari ke depan.

"Kegiatan ini akan dilakukan selama 3 hari berturut-turut. Semoga semua masyarakat bisa ikut," ucap Fadil dalam sambutannya, Minggu (22/11/2020)

Khusus hari ini, Fadil mengatakan terdapat 1.000 alat tes yang disiapkan. Adapun target dari kegiatan ini adalah warga sekitar kelurahan Petamburan.

"Hari ini ada 1.000 alat test. (Targetnya) semua warga sekitar kelurahan Petamburan," terangnya.

Berdasarkan pantauan detikcom, warga yang ingin mendapatkan rapid test gratis harus datang ke SDN Petamburan 01. Kemudian, warga harus mengisi pendaftaran.

Setelah itu, barulah warga melakukan rapid test bersama para tenaga kesehatan. Terdapat sekitar 13 nakes yang bersedia melayani warga dalam melakukan rapid test.

Para nakes juga terlihat dilengkapi dengan APD (alat pengaman diri) berwarna putih. Warga tidak perlu menunggu waktu lama untuk melihat hasil dari rapid test.

Pada akhirnya, mereka akan mendapatkan sembako masing-masing satu plastik. Fadil berharap pembagian sembako bisa meringankan beban masyarakat.

"Dan terakhir kegiatan ketiga untuk meringankan beban masyarakat. Kami membagikan sembako untuk meringankan warga di Petamburan," tutur Fadil.

Sebelumny, Kapolda Metro Jaya irjen Fadil imran mengimbau kepada seluruh warga di Petamburan untuk mengikuti rapid test. Ia berharap seluruh warga mengikuti rapid test tersebut.

"Imbauan keras. Dibujuk, jangan diancam-ancam. Jangan diancam, dikasih tau," ucap Fadil di SDN Petamburan 01, Minggu (22/11/2020).

Pelaksanaan rapid test ini sendiri menyusul timbulnya kerumunan di kawasan Petamburan imbas kepulangan Habib Rizieq Syihab serta acara Maulid Nabi Muhammad SAW.

(ibh/ibh)