FPI Jelaskan Alasan Habib Rizieq Tak Temui Aparat yang Anjurkan Tes Swab

Tiara Aliya - detikNews
Minggu, 22 Nov 2020 13:03 WIB
Wakil Sekretaris Umum FPI Aziz Yanuar
Wakil Sekretaris Umum FPI Aziz Yanuar (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Polisi bersama aparat TNI dan Satpol PP tak berhasil menemui Habib Rizieq Syihab di kediamannya di Petamburan, Jakarta Pusat. Front Pembela Islam (FPI) membantah jika dikatakan HRS menolak kunjungan perwakilan tiga pilar tersebut di kediamannya.

"Bukan, bukan ditolak. Nggak ada yang nolak. Tiga pilar itu diwakili oleh Kapolsek Tanah Abang diwakili oleh pihak pengurus kediaman HRS dan masyarakat di situ, itu menanyakan apakah betul HRS sakit, dijawab tidak. Sehat walafiat, hanya mau mengkonfirmasi," kata Wakil Sekretaris Umum (Wasekum) FPI Aziz Yanuar saat dihubungi, Minggu (22/11/2020).

Aziz menyebut aparat datang ke Petamburan pada pukul 23.00 WIB. Saat itu, sebut Aziz, Habib Rizeq sudah beristirahat.

"Tapi kalaupun bilang kan ya udah malam. Sekarang sudah jam 11 malam mau ketemu orang kan juga nggak eloklah," sebutnya.

Ia mengatakan bahwa aparat sudah berdialog dengan perwakilan keluarga HRS saat di lokasi. Atas hal ini, perwakilan HRS pun telah memberikan keterangan bahwa kondisinya sekarang sehat. Kemudian, aparat menyarankan untuk dilakukan swab test terhadap HRS.

"Yang kedua menganjurkan kalau memang sakit untuk di-swab gitu. Tapi menganjurkan tidak mewajibkan. Jadi poinnya cuman dua, cek kondisi sama menganjurkan untuk di-swab," sambungnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, polisi bersama aparat keamanan lain menyambangi kediaman Habib Rizieq Syihab di Petamburan, Jakarta Pusat, untuk memastikan kondisi Rizieq yang disebut telah terkonfirmasi positif virus Corona. Namun pihak keluarga menyebut Habib Rizieq sedang beristirahat sehingga tidak bisa menerima tamu.

Kanit Patroli Polsek Tanah Abang Kompol Margiyono menceritakan, saat tiba di lokasi sekitar pukul 22.15 WIB, pihaknya bertemu dengan Ustadz Yono, orang yang mengaku perwakilan keluarga Habib Rizieq.

"Di samping dia warga yang tinggal di situ, dia juga salah satu mantan ketua DPC FPI Tanah Abang. Jadi dia juga warga tinggal di situ kemudian juga dekatlah, sama ustaz. Kemudian, beliau menyampaikan bahwa kami tidak bisa bertemu langsung dengan Pak Habib," kata Margiyono saat dihubungi detikcom, Sabtu (21/11).

"Keterangannya mereka, beliau (Habib Rizieq) itu sedang istirahat, sedang tidak bisa menerima tamu," ujarnya.

Menurut Margiyono, pihaknya telah menyampaikan kepada perwakilan keluarga Habib Rizieq terkait kedatangan mereka. Dia pun mendorong Rizieq Syihab dan keluarga menjalani swab test sesegera mungkin.

Simak juga video 'Lihat Lagi Pandangan Wapres Ma'ruf Soal Sosok Habib Rizieq':

[Gambas:Video 20detik]



(imk/imk)