Kirim Petugas, PLN Pastikan Kabel Semrawut di Tangsel Bukan Miliknya

Karin Nur Secha - detikNews
Minggu, 22 Nov 2020 12:47 WIB
kabel menjuntai
Kabel menjuntai di Ciputat, Tangsel (Karin Nur Secha/detikcom)
Tangerang Selatan -

Kabel menjuntai di Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), disambut keluhan warga. Pihak PLN pun langsung mengecek kabel itu.

"Kelihatannya sih kabel telekomunikasi, (tapi) untuk pastinya saya kirim petugas untuk ngecek ya," ujar Doddy Pangaribuan selaku GM PLN Jakarta Raya saat dimintai konfirmasi, Minggu (22/11/2020).

Secara terpisah, Manajer Komunikasi PLN Dita Arsyana memastikan juntaian kabel itu bukan milik PLN. Menurutnya, kabel PLN berukuran lebih besar.

"Bukan kabel PLN, kabel telematika. Kabel PLN yang besar-besar dan terpilin," ujar Dita.

Dita menambahkan bahwa kabel yang dimiliki PLN itu berbentuk terpilin, tidak tergulung, ataupun lurus dan selalu rapi. Pihak PLN sendiri hanya akan melakukan pembongkaran secara langsung jika menemukan kabel ilegal yang tidak memperhitungkan parameter keselamatan dan keamanan masyarakat.

Sebelumnya, warga mengeluhkan soal jalinan kabel yang menjuntai dari satu tiang ke tiang lain. Kabel itu menjuntai hingga hampir mengenai kepala warga. Pemandangan itu terlihat di Jalan Merpati Raya dekat dengan perempatan duren. Dari pantauan, Minggu (22/11/2020), kabel yang tersambung antartiang itu berada di tepi jalan, tetapi juntaiannya cukup rendah.

Salah satu warga, Suratmi, mengeluhkan kondisi tersebut. Dia khawatir kabel tersebut terus menjuntai turun, bahkan hingga jatuh.

"Iya ini mah udah lama banget nggak tahu tuh belum dibenerin sampe sekarang. Udah lama kayak gitu. Sebulan yang lalu ada tuh mobil boks yang nyangkut karena kabel di sini (di Jalan Merpati Raya)," kata Suratmi.

Suratmi menambahkan kabel yang berada di sepanjang Jalan Merpati Raya ini sangat meresahkan banyak pengguna jalan. Sering kali kendaraan, khususnya mobil boks dan truk, yang tersangkut menjadi keresahan utama warga sekitar, bahkan beberapa kali kendaraan yang tersangkut di kabel pun menyebabkan terputusnya kabel yang berada di sana.

"Dulu pernah tuh sampe kabelnya putus gara-gara kesangkut truk," lanjutnya.

Warga lainnya, Mandra, juga menyebut kabel yang menggantung sudah terlalu banyak. Dia berharap ada perbaikan agar kabel tak membuat mobil atau bahkan truk banyak yang tersangkut kabel lagi nantinya.

"Cepet-cepet deh diperbaikin, serem soalnya nggak sekali-dua kali aja ini mah mobil yang nyangkut," sebut Mandra.

Lihat juga video 'Dinas Bina Marga DKI Potong Kabel Semrawut Sepanjang 2,3 Km':

[Gambas:Video 20detik]



(dhn/imk)