Rayakan HUT 101, RSCM Luncurkan Telekonsultasi 'Siap Dok'

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 21 Nov 2020 19:11 WIB
RSCM (Yogi Ernes/detikcom)
RSCM (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) hari ini merayakan ulang tahun yang ke-101. Dalam perayaannya tersebut, RSCM meluncurkan aplikasi telekonsultasi bernama Siap Dok.

Direktur Utama RSCM, Lies Dina Liastuti, mengatakan peluncuran aplikasi tersebut sebagai upaya RSCM dalam melakukan inovasi di dunia kesehatan Indonesia. Liastuti menyebut aplikasi itu bertujuan untuk membuka akses layanan kesehatan RSCM ke banyak lapisan masyarakat.

"Kami ingin melakukan kemudahan akses bagi masyarakat untuk menjangkau dokter kami. Kami berpikir bagaiamana kami bisa melayani mereka melalui jaringan telekonsultasi ini tapi para dokter kami juga tetap aman," kata Liastuti saat peluncuran aplikasi layanan Siap Dok di RSCM, Jakarta Pusat, Sabtu (21/11/2020).

Selain itu, Liastuti juga menyebut layanan telekonsultasi tersebut bukan hanya bagi pasien dan dokter, namun layanan tersebut juga bisa digunakan sebagai medium transfer ilmu dari sesama dokter antar rumah sakit yang bekerja sama dengan RSCM.

"Jadi ada transfer keilmuan, dokter bisa saling konsultasi. Jadi bukan pasien ke dokter saja, tapi dokter ke dokter," sebut Liastuti.

Dalam peluncuran layanan telekonsultasi tersebut, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju turut menguncapkan ucapan selamat atas peluncuran layanan tersebut.

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto dalam sambutannya secara virtual menyebut layanan Siap Dok tersebut merupakan implementasi dari perkembangan digital yang harus disikapi dengan cermat di dunia kesehatan. Dia menyebut perkembangan digital harus mampu memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Era digital bukan persoalan siap atau tidak siap, namun menjadi suatu konsekuensi. Era digital harus disikapi dengan serius sehingga dapat membawa manfaat bagi masyarakat. Dengan ridho Tuhan Yang Maha Kuasa, layanan telekonsultasi saya resmikan," tutur Terawan.

(dnu/dnu)