PKB Soal TNI Copot Baliho Rizieq: Satpol PP DKI Kok Loyo dan Memble?

Isal Mawardi - detikNews
Sabtu, 21 Nov 2020 06:30 WIB
Politikus PKB Marwan Dasopang (Tsarina/detikcom)
Foto: Politikus PKB Marwan Dasopang (Tsarina/detikcom)
Jakarta -

TNI turun tangan mencopot sejumlah baliho bergambar Habib Rizieq Syihab (HRS) di Petamburan, Jakarta. Seharusnya itu merupakan tugas Satpol PP. Ketua DPP PKB yang juga Wakil Ketua Komisi VIII DPR Marwan Dasopang mengkritik Satpol PP DKI yang dinilai tidak bertaji.

"Yang kita sayangkan itu sebetulnya (tugas) Satpol PP. Tugas menurunkan baliho-baliho seperti itu memang bukan tugas Pak Dudung (Pangdam Jaya Mayjen TNI Abdurachman). Tidak selayaknya dia, itu tugas Satpol PP," kata Marwan ketika dihubungi, Jumat (20/11/2020).

"Tapi Satpol PP kita ini lho kok loyo, memble?" lanjutnya.

Sejumlah personel TNI menurunkan spanduk besar bergambarkan Habib Rizieq di Jakarta, Jumat (20/11/2020). Mereka turut membawa panser saat beraksi.Sejumlah personel TNI menurunkan spanduk besar bergambarkan Habib Rizieq di Jakarta, Jumat (20/11/2020). Mereka turut membawa panser saat beraksi. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)

Marwan membandingkan perlakuan Satpol PP kepada warga sipil yang memasang baliho. Menurutnya, jika masa tenggat waktu sudah habis, Satpol PP bakal menindak tegas.

"Begitu lewat tanggal, ya langsung diturunin. Tapi ini (baliho Habib Rizieq) sudah suka-sukanya, isinya nggak jelas, nggak diapa-apain," imbuh Marwan.

Marwan menduga Dudung tidak sabar terhadap situasi dimana Satpol PP terkesan melakukan 'pembiaran'. Sampai-sampai TNI mesti turun tangan.

"Nah dalam kaitan itu mungkin yang seharusnya sikap tegas Pak Dudung itu sebagai Pangdam mungkin tidak sabar lagi, kok selalu diberi ruang, ini yang kita sayang kan. Nggak boleh itu (menurunkan baliho) bukan pekerjaan Pangdam itu. Menurunkan-menurunkan baliho itu pekerjaan Satpol PP," lanjutnya

Peristiwa ini menjadi sorotan publik usai Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman bicara soal viralnya video yang menunjukkan baliho bergambar wajah Habib Rizieq Syihab diturunkan orang berseragam loreng. Simak di halaman berikutnya