Ridwan Kamil Dicecar Bareskrim dengan 29 Pertanyaan soal Kerumunan HRS

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 23:21 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memenuhi panggilan Bareskrim Polri di Jakarta. Kang Emil dimintai klarifikasi terkait acara Habib Rizieq di Bogor.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) memenuhi panggilan Bareskrim Polri untuk dimintai klarifikasi terkait kerumunan acara Habib Rizieq di Kabupaten Bogor. RK diperiksa penyidik selama tujuh jam dan dicecar 29 pertanyaan.

"(Diperiksa) Selama 7 jam, diklarifikasi dengan 29 pertanyaan," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono saat dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (20/11/2020).

RK tiba di ruang lobi Bareskrim tadi pagi pukul 09.40 WIB. RK hadir mengenakan baju kemeja biru berbalut rompi biru dongker dengan didampingi sejumlah orang.

"(Hadir ke Bareskrim) Sebagai kewajiban warga negara untuk dimintai keterangan. Nanti hasilnya insyaallah saya sampaikan setelah pemeriksaan dan klarifikasi," katanya sebelum masuk ke gedung Bareskrim.

Setelah menjalani pemeriksaan, RK menyempatkan diri untuk menyampaikan pernyataan kepada awak media. Dia kemudian meminta maaf atas kerumunan acara Habib Rizieq yang terjadi di Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

"Tadi selama kurang-lebih 7 jam dari jam 10-an. Sebagai warga negara yang sangat taat pada aturan hukum, datang karena dimintai keterangan-keterangan dalam kapasitas sebagai Ketua Komite Penanggulangan COVID, juga Gubernur Jawa Barat, perihal keramaian kerumunan di Megamendung," ucapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2