Top 5 News

Galaknya Pangdam Jaya ke FPI hingga Sekolah Tatap Muka Januari 2021

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 19:58 WIB
Top 5 News Yamaha
Foto: detikcom
Jakarta -

Kabar Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman menyoroti Front Pembela Islam (FPI) mendapat atensi pembaca detikcom. Hal itu bermula dari pernyataannya yang menyebut apabila FPI tidak taat hukum maka ormas tersebut bisa dibubarkan.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengeluarkan kebijakan terkait sekolah tatap muka di tengah pandemi. Nadiem kini memperbolehkan pembelajaran tatap muka di sekolah tahun ajaran 2020/2021.

Selain dua berita tersebut, ada berita menarik lainnya yang banyak dibaca oleh detikers. Berikut Top 5 News edisi Jumat (20/11/2020).

1. Pangdam Jaya Minta FPI Dibubarkan?

Pernyataan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman yang menyebut FPI bisa dibubarkan ini berkaitan dengan beredarnya video yang merekam penurunan baliho Habib Rizieq Syihab (HRS) oleh orang berbaju loreng.

Mayjen Dudung mengatakan peristiwa itu merupakan perintahnya. Sebab baliho yang terpasang belum memiliki izin dan sudah diturunkan oleh petugas Satpol PP. Namun, pihak FPI justru kembali memasang baliho-baliho tersebut

Artikel Selengkapnya: Pangdam Jaya: Kalau Perlu FPI Bubarkan Saja!

2. Sekolah Tatap Muka Mulai Januari 2021

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memperbolehkan pembelajaran tatap muka di sekolah mulai 2020/2021. Nadiem menyebut pihaknya sudah mengevaluasi hasil SKB empat menteri sebelumnya.

Nadiem melihat situasi hari ini bahwa hanya 13 persen sekolah yang melakukan pembelajaran tatap muka dan sebesar 87 persen masih belajar dari rumah.

Artikel Selengkapnya: Nadiem Perbolehkan Sekolah Tatap Muka

3. TNI Turunkan Baliho Habib Rizieq

Viral di media sosial baliho bergambar wajah pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Syihab diturunkan. Baliho itu diturunkan oleh orang berseragam loreng.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman langsung menegaskan pencopotan baliho bergambar Rizieq Syihab oleh orang berbaju loreng itu atas perintahnya. Dudung menegaskan ada aturan yang harus dipatuhi terkait pemasangan baliho.

Artikel Selengkapnya: Pangdam Jaya: Penurunan Baliho Habib Rizieq Perintah Saya

4. Biden Sebut Trump Presiden Paling Tak Bertanggung Jawab

Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Joe Biden, melontarkan kritikan untuk Presiden Donald Trump yang ingin membalikkan hasil Pilpres AS 2020. Biden menyebut Trump sebagai 'presiden paling tidak bertanggung jawab dalam sejarah Amerika'.

Lebih lanjut, Biden mengakui dirinya kesulitan untuk memahami cara berpikir Trump. Namun Biden menegaskan keyakinan bahwa dirinya akan tetap menang di Michigan dan kemenangannya akan segera disahkan oleh otoritas negara bagian itu.

Artikel Selengkapnya: Trump, Presiden Tak Bertanggung Jawab?

5. Bocah Azani Jenazah Ibu Tanpa Menangis

Seorang anak adzankan jenazah ibunya viral di media sosial setelah videonya diunggah akun Twitter @DivHumas_Polri. Warganet pun ramai mengomentari video tersebut dengan perasaan terharu.

Video yang tersebar di media sosial itu memperlihat kan seorang bocah yang memakai pakaian muslim berwarna biru tua sambil berdiri di depan jenazah ibunya dan mengazaninya.

Artikel Selengkapnya: Haru! Bocah Adzani Jenazah Ibu

(mul/mpr)