Polda Metro Jaya Gelar Serah Terima Jabatan Kapolda Secara Tertutup

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 16:29 WIB
Gedung Promoter Polda Metro Jaya yang pembangunannya menghabiskan dana sebesar Rp 498 miliar telah diresmikan, Jumat (19/1/2017). Peresmian dilakukan oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.
Kegiatan sertijab Kapolda Metro Jaya dilakukan secara tertutup di gedung Promoter. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya hari ini menggelar acara serah-terima jabatan Kapolda Metro Jaya dari Irjen Nana Sudjana ke Irjen Fadil Imran. Kegiatan berlangsung secara tertutup untuk menghindari kerumunan.

"Karena situasi lagi pandemi, nggak boleh ramai-ramai," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (20/11/2020).

Yusri mengatakan kegiatan di Polda Metro siang hari ini merupakan tindak lanjut dari rangkaian pelaksanaan serah-terima jabatan di Mabes Polri pada pagi hari tadi.

Selain itu, pada pertemuan yang telah digelar tadi, Irjen Nana Sudjana melaporkan terkait kondisi situasi satuan yang ada kepada Kapolda Metro Jaya yang baru.

"Hari ini dilaksanakan rangkaian daripada kegiatan serah-terima berupa laporan situasi satuan di Polda Metro Jaya yang harus dilaporkan ke Pak Nana Sudjana ke Pak Kapolda yang baru. Ini baru saja selesai, kemudian setelah itu Pak Nana langsung bertugas di tempat yang baru di Mabes Polri," terang Yusri.

Seperti diketahui, Kapolri melantik Irjen Mohammad Fadil Imran dan Irjen Ahmad Dofiri sebagai Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jawa Barat. Selain Irjen Fadil dan Irjen Dofiri, ada enam kapolda lainnya yang juga dilantik.

Upacara serah-terima jabatan delapan Kapolda digelar di ruang Rupatama Mabes Polri, Jumat (20/11/2020). Upacara dipimpin oleh Kapolri Jenderal Idham Azis.

Serah-terima jabatan sejumlah Kapolda tercantum dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/3222/XI/Kep/2020 tertanggal 16 November 2020. Perihal surat itu tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri.

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dimutasi menjadi Koorsahli Kapolri. Posisinya digantikan Irjen Mohammad Fadil Imran, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur (Jatim).

Sedangkan posisi Idham di Polda Jatim digantikan oleh Irjen Nico Afinta yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kalsel. Posisi Nico Afinta di Polda Kalsel dipercayakan kepada Irjen Rikwanto.

(mei/mei)