Dilantik Kapolri, Irjen Fadil Imran Resmi Jabat Kapolda Metro Jaya

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 11:19 WIB
Kapolri Jenderal Idham Azis melantik Irjen Mohammad Fadil Imran dan Irjen Ahmad Dofiri sebagai Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jawa Barat (Dok. Mabes Polri).
Kapolri Jenderal Idham Azis melantik Irjen Mohammad Fadil Imran dan Irjen Ahmad Dofiri sebagai Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jawa Barat. (Foto: dok. Mabes Polri)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Idham Azis melantik Irjen Mohammad Fadil Imran dan Irjen Ahmad Dofiri sebagai Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jawa Barat. Selain Irjen Fadil dan Irjen Dofiri, ada enam kapolda lainnya yang juga dilantik.

Upacara serah-terima jabatan delapan kapolda digelar di ruang Rupatama Mabes Polri, Jumat (20/11/2020). Upacara dipimpin oleh Kapolri Jenderal Idham Azis.

"Hari ini diserahterimakan ada delapan jabatan kapolda, kemudian ada tiga lagi dari Kororsahli. Kemudian Kadiv Propam dan terakhir Aslog Kapolri," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono.

Dalam serah-terima jabatan Kapolda Metro hingga Kapolda Jabar ini, Awi menuturkan, Kapolri Jenderal Idham Azis memerintahkan kepada delapan kapolda baru agar mempersiapkan personelnya untuk mengamankan Pilkada Serentak 2020. Awi menyampaikan, Kapolri juga meminta para kapolda baru tetap menjaga netralitas pilkada.

"Dalam arahannya, Bapak Kapolri menyampaikan beberapa hal terkait perintah kepada para kapolda yang sudah menjabat agar segera insert dan mempersiapkan personelnya untuk melaksanakan pengamanan pilkada serentak, yang akan direncanakan tanggal 9 Desember 2020. Kedua, Bapak Kapolri juga menekankan kepada para kapolda untuk memastikan bahwasanya seluruh anggota untuk menjaga netralitas Polri dalam pilkada serentak," ujarnya.

Selain itu, Awi menyampaikan, Kapolri ingin agar pengamanan Natal dan tahun baru disiapkan secara matang. Sebab, perayaan Natal dan tahun baru kali ini sedang dalam kondisi pandemi Corona (COVID-19).

Kapolri Jenderal Idham Azis melantik Irjen Mohammad Fadil Imran dan Irjen Ahmad Dofiri sebagai Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jawa Barat (Dok. Mabes Polri).Kapolri Jenderal Idham Azis melantik Irjen Mohammad Fadil Imran dan Irjen Ahmad Dofiri sebagai Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jawa Barat (Foto: dok. Mabes Polri)

"Terakhir amanat Pak Kapolri telah memerintahkan juga untuk kesiapan pengamanan Natal dan tahun baru 2021. Bagaimanapun, dalam situasi pandemi COVID-19 ini, tentunya kegiatan keagamaan teman-teman kita beragama Nasrani yang merayakan Natal dan perayaan malam tahun baru ini menjadi prioritas pengamanan oleh Polri sehingga kehadiran Polri dirasakan betul oleh masyarakat dan diharapkan para kapolda untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang menimbulkan empati kepada masyarakat yang simpati yang menggelar operasi termasuk kegiatan pelayanan," imbuhnya

"Operasi termasuk kegiatan pelayanan karena kita dalam masa pandemi COVID-19 kegiatan pemberian bantuan bansos, kemudian pemberian masker dan hand sanitizer sangat membantu sekali terhadap pencegahan ataupun pemutusan penyebaran mata rantai COVID-19," lanjutnya.