SIDAK 19 November: 5 Berita Teraktual Hari Ini

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 19 Nov 2020 23:17 WIB
Jerinx SID hadapi sidang vonis.
Foto: Jerinx SID hadapi sidang vonis. (Angga Riza-detikcom)
Jakarta -

Jerinx divonis penjara 1 tahun 2 bulan atas kasus 'IDI Kacung WHO' menjadi perbincangan masyarakat hari ini. Tak hanya itu, video viral terkait sejumlah pria berseragam loreng yang mencopot baliho besar Habib Rizieq Syihab juga menjadi pembicaraan hangat.

Rangkuman berita itu dirangkum dalam tayangan berjudul 'JERINX DIVONIS 1 TAHUN 2 BULAN PENJARA SIDAK!: 19/11/2020' yang diunggah akun YouTube CXO Media. Rangkuman berita setiap harinya dikemas secara ringan dan ditayangkan setiap pukul 21.00 WIB.

Berikut rangkuman 5 berita teraktual hari ini:

1. 5 Jenis Usaha dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

Keinginan memiliki jenis usaha dengan modal kecil tapi menguntungkan saat ini bisa terlaksana. Usaha dengan modal kecil yang menguntungkan bisa terwujud dengan usaha dan kemauan

Usaha pertama yakni menjadi reseller atau dropshipper. Saat ini sudah banyak usaha-usaha yang membutuhkan reseller atau dropshipper.

Kedua yakni franchise dengan kelebihan mendapatkan keuntungan nama. Bisa franchise berupa makanan minuman dan sebagainya. Selanjutnya yakni usaha jasa atau bisnis usaha jasa seperti menjadi supir.

Selanjutnya yaitu penyewaan barang dengan menyewakan barang bekas yang sudah tidak terpakai. Kemudian terakhir yakni jastip atau pre-order, modal usaha ini harus didasari kesabaran antara pembeli dan penjual.

2. Sejumlah Pria Berseragam Loreng Copot Baliho Raksasa Rizieq

Viral di media sosial baliho bergambar wajah pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Syihab, diturunkan. Baliho ini diturunkan orang berseragam loreng.

TNI pun menyatakan itu adalah operasi bersama dengan polisi dan satpol PP: TNI hanya bersifat membantu. Seperti dilihat detikcom dalam video yang beredar, pada Kamis (19/11/2020), sebuah baliho berwajah Habib Rizieq diturunkan 5 orang berpakaian loreng. Baliho ini tampak diturunkan saat hari sudah gelap. TNI menyatakan itu adalah operasi bersama.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen Achmad Riad angkat bicara perihal video viral tersebut. Achmad Riad hanya meminta masyarakat mencermati video yang viral.

"Dilihat lagi gambarnya, dilihat lagi gambarnya, ya kan. Di gambarnya kan ada yang bajunya nggak baju TNI," kata Achmad Riad di Markas Wing I Paskhas, Halim, Jakarta Timur.

"Yang jelas itu dilaksanakan secara bersama. Ada Satpol PP-nya, ada polisinya, ya, TNI-nya di bawah membantu," lanjutnya.

3. Jerinx Divonis 1 Tahun 2 Bulan Penjara

Majelis hakim telah menjatuhkan vonis terhadap I Gede Ari Astina alias Jerinx SID dalam kasus ujaran 'IDI kacung WHO'. Jerinx divonis 1 tahun 2 bulan penjara.

Jerinx 'SID' menjalani sidang agenda pembacaan putusan atau vonis kasus 'IDI kacung WHO' hari ini, Kamis (19/11/2020). Sidang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa oleh karena itu selama 1 tahun dan 2 bulan dan pidana denda sejumlah 10 juta rupiah dengan ketentuan apabila tidak dibayar diganti kurungan 1 bulan," ujar Ketua Majelis Hakim Ida Ayu Adnyana Dewi.

Untuk diketahui, PN Denpasar membatasi jumlah penonton sidang yang hadir tak boleh lebih dari 20 orang. Jerinx hadir langsung dalam sidang yang digelar di PN Denpasar, Jl PB Sudirman, Denpasar Barat, Kota Denpasar itu.

4. NBA Draft 2020

NBA resmi mengeluarkan NBA draft 2020. Ada sejumlah pemain NBA yang dipilih yang masuk dalam NBA draft.

Pemain pertama yakni Anthony Edwards yang dipilih oleh Minnesota Timberwolves. Selanjutnya James Wisemen dari Goldenstate Warior juga terpilih.

Lalu Lamela Ball musim depan akan berseragam klub Charlote Hornet. Itulah 3 pemain yang masuk dalam NBA draft 2020.

5. Fitur Baru Fleets di Media Sosial Twitter

Media Sosial Twitter mengeluarkan fitur terbaru pada platformnya yang bernama fleets. Fitur ini disebut sama dengan fitur Instastory yang ada di Instagram.

Story dalam fitur Fleets ini hampir sama dengan fitur serupa di platform media sosial lainnya. Yakni satu story foto atau video hanya bisa tersimpan selama 24 jam saja.

Banyak pengguna Twitter yang menyayangka fitur ini. Lantaran fitur ini membuat Twitter menjadi serupa dengan Instagram.

(maa/jbr)