ADVERTISEMENT

Round-Up

Polemik di Seputaran Sidang Kasus Jerinx: Dari WO hingga Bercumbu

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 19 Nov 2020 12:32 WIB
Jerinx SID di mobil tahanan, Kamis (1/10/2020).
Jerinx SID di mobil tahanan, Kamis (1/10/2020). (Angga Riza/detikcom)

Tolak Sidang Online, Jerinx WO

Saat proses pengadilan dimulai, Jerinx keberatan sidang kasus 'IDI Kacung WHO' digelar secara online.

"Sekali lagi saya tetap menolak sidang yang dilakukan secara online karena saya merasa hak-hak saya tidak diwakili sepenuhnya oleh sidang ini," kata Jerinx dalam sidang yang disiarkan secara live lewat channel YouTube PN Denpasar, Kamis (10/9/2020).

Menurut Jerinx, majelis hakim tidak bisa melihat gestur dan tidak bisa membaca bahasa tubuhnya.

"Sehingga kemungkinan keputusan-keputusan yang diambil nanti bisa jadi kurang tepat. Terima kasih, Yang Mulia," ujarnya.

Penasihat hukum menambahkan, Jerinx meminta pemeriksaan yang adil dan tidak menimbulkan keraguan.

Jerinx dan Nora Bercumbu

Momen Jerinx dan Nora bermesraan di mobil tahanan banyak di-posting di media sosial (medsos). Dalam video pendek tersebut, tampak Jerinx dan Nora duduk bersebelahan.

Keduanya melepaskan kangen dengan berangkulan. Namun, dalam momen tersebut, sempat terlihat beberapa kali Jerinx dan Nora berciuman.

Momen ini terjadi setelah Jerinx menjalani sidang lanjutan dengan agenda pembacaan nota keberatan atau eksepsi atas dakwaan jaksa penuntut umum (JPU) dalam perkara ujaran kebencian melalui posting-an 'IDI kacung WHO'. Dalam sidang yang digelar secara online itu, tim penasihat hukum Jerinx meminta majelis menolak dakwaan JPU.

Pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Denpasar menegur Nora Alexandra atas posting-an tersebut. Nora pun telah menghapus unggahan tersebut. Ada dugaan, insiden ini karena kelalaian pengawalan tahanan.

"Bahwa melihat dari pemberitaan terkait peristiwa tersebut, diduga ada kelalaian dalam pelaksanaan SOP pengawalan tahanan," kata Kasipenkum Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bali A Luga Harlianto kepada wartawan, Rabu (30/9/2020).



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT