Josua Ngaku Sempat Tunggu Lapan Sebelum Jual Meteorit Rp 200 Juta

Haris Fadhil - detikNews
Kamis, 19 Nov 2020 12:02 WIB
Kisah Josua Hutagalung, penemu batu meteor asal Sumatera Utara: Saya jual Rp200 juta, ternyata harganya Rp26 miliar
Josua dan meteorit yang menimpa rumahnya (BBC Magazine)

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Jasyanto, mengatakan belum bisa menyebut batu itu sebagai meteor. Dia mengatakan tak bisa mengidentifikasi batu tersebut lewat foto.

"Kami belum bisa identifikasi karena belum lihat langsung," kata Jasyanto seraya meminta mengecek ke situs lapan.go.id soal informasi ada-tidaknya benda langit jatuh di wilayah Indonesia.

Kini, sebagian besar batu tersebut sudah dijual seharga Rp 200 juta. Namun media Inggris menyebutnya sebagai orang kaya baru karena batu meteorit itu dijual seharga 1,4 juta pound sterling atau sekitar Rp 26 miliar.

Josua mengaku kecewa jika harga batu itu di pasar ternyata Rp 26 miliar. Dia mengatakan menjual batu tersebut seharga Rp 200 juta ditambah Rp 14 juta untuk seng rumahnya yang tertimpa meteorit.

"Batunya kemarin saya jual Rp 200 juta batunya. Itu beratnya 1.800 gram. Itu saya jual ke orang Bali, atas nama Jared, bule tuh. Terus dia juga beli atap seng yang bolong Rp 14 juta. Jadi total Rp 214 juta," kata Josua saat dihubungi, Rabu (18/11).

Halaman

(haf/idh)