Menag Tegaskan Penutupan Umroh Hoax, Gelombang Ke-4 Berangkat 22 November

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Rabu, 18 Nov 2020 12:05 WIB
Menag Fachrul Razi rapat dengan Komisi VIII DPR
Menag Fachrul Razi rapat dengan Komisi VIII DPR. (Rachel/detikcom)
Jakarta -

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menegaskan tidak ada penutupan visa umroh untuk Indonesia. Bahkan, gelombang keempat umroh akan segera berangkat.

"Soal umroh ditutup, insyaallah sejauh ini hanya hoaks saja," kata Fachrul di rapat bersama Komisi VIII DPR RI di gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Rabu (18/11/2020).

Fachrul secara pasti menyebut jamaah umroh gelombang keempat akan berangkat pada 22 November 2020. "Yang jelas insyaallah tanggal 22 November ini ada," katanya.

Hal ini kemudian disambut baik oleh Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto. Ia mengapresiasi klarifikasi yang disampaikan oleh Menag Fachrul.

"Alhamdulillah.... Visa umroh tetap ya? Oke," ujar Yandri.

Dalam awal rapat, Yandri meminta penjelasan langsung dari Menag Fachrul terkait informasi mengenai penutupan visa bagi jemaah asal Indonesia yang hendak melakukan umroh ke Arab Saudi. Ia meminta Fachrul memberi penjelasan rinci terkait penutupan visa umroh.

"Kabari ini tentu pak menteri sungguh mengejutkan kita semua karena penyelenggaraan ibadah umroh yang sempat dibuka pada masa pandemi kemudian ditutup kembali dalam rangka melakukan evaluasi lebih lanjut akibat adanya kasus jemaah umroh yang terpapar COVID-19," ujar Yandri.

"Jadi saya kira pak menteri ini tanggung jawab kita semua Pak, kita patut berbahagia berbangga karena ada kesempatan anak bangsa kembali menginjakkan kakinya di tanah suci, tapi ternyata ada 13 yang terpapar. Saya kira ini kita evaluasi secara mendalam dari hati ke hati, di mana letak kelemahannya pak menteri, di mana letak kecolongannya," ucapnya.

Untuk diketahui, jemaah umroh sempat dibuat tegang dengan pemberitaan penutupan visa umroh dari Arab Saudi. Ternyata visa yang ditutup hanya visa turis saja.

Bagaimana awal mula informasi soal penutupan visa umroh? Simak di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2