Kapolsubsektor Soromandi Selamatkan Penyu Seberat 500 Kg di Desa Sai

Yudistira Imandiar - detikNews
Selasa, 17 Nov 2020 21:59 WIB
Polda NTB
Foto: Polda NTB
Jakarta -

Seekor penyu berukuran besar ditemukan terdampar dalam kondisi lembah di pesisir pantai Desa Sai, Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima. Kapolsubsektor Soromandi Ipda Zulkifli yang mendapatkan laporan tersebut turun langsung menyelamatkan penyu tersebut.

Zulkifli yang merupakan Ketua Bima Diving menyambangi TKP penemuan penyu bersama anggota Bima Diving, Bambang Irawan pada Senin (16/11) pagi. Penyu yang diketahui berjenis sisik hijau (Chelonia Mydas) itu memiliki diameter 175 cm dengan bobot sekitar 500 kg.

Setelah diperiksa kondisinya, Zulkifli langsung melepas kembali penyu tersebut ke perairan mangrove di Dusun Sowa, Desa Kananta, Kecamatan Soromandi.

"Dengan pertimbangan bahwa di tempat tersebut terdapat banyak sumber makanan yang bisa dikonsumsi oleh penyu," jelas Zulkifli.

Pada kesempatan itu Zulkifli mengimbau warga Soromandi khususnya yang tinggal di daerah pesisir agar selalu menjaga biota laut dengan tidak membuang sampah plastik , limbah pukat atau bekas pukat di laut. Ia berpesan agar masyarakat tidak menangkap ikan menggunakan bom ikan atau potassium. Sebab hal itu melanggar Undang-undang darurat nomor 12 tahun 1951, juga akan merusak habitat atau biota laut.

Ia juga mengajak warga Kecamatan Soromandi untuk bersama-sama menjaga kelestarian laut demi generasi penerus bangsa yang ada di kecamatan tersebut.

(akn/ega)