Round-Up

Habib Rizieq Bikin Kerumunan Massa Berujung Pencopotan 2 Kapolda

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 17 Nov 2020 07:08 WIB
Jemaah memadati acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan akad nikah putri Habib Rizieq Syihab di Petamburan, Sabtu (14/11/2020). Mereka berkerumun tanpa menjaga jarak.
Ilustrasi kerumunan massa di acara Habib Rizieq (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Kerumunan massa di acara pemimpin Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Syihab, berujung pencopotan dua kapolda. Keduanya dianggap tidak menjalankan perintah untuk menegakkan protokol kesehatan terkait COVID-19.

Kerumunan massa itu terlihat dalam acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan putri Habib Rizieq di kawasan Petamburan, Sabtu (14/11) malam. Jemaah yang hadir tidak menjaga jarak dan berimpitan.

Jemaah juga memadati sepanjang Jalan KS Tubun, Jakarta Pusat. Ada beberapa jemaah yang tidak mengenakan masker. Selain itu, ada juga yang mengenakan masker tidak sesuai, misalnya dipakai di bawah dagu.

Selain di Petamburan, kerumunan massa juga terjadi di Bogor. Saat itu Habib Rizieq Pondok Pesantren Alam Agrokultural Markaz Syariah, Megamendung.

Para santri antusias menyambut kedatangan Rizieq. Para santri memenuhi semua sisi masjid. Santri-santri yang datang duduk di lantai sambil mendengarkan ceramah. Sebagian santri lainnya berdiri di pintu masjid.

Lingkungan sekitar pesantren juga dipadati santri. Banyak santri yang duduk di bawah pohon yang berada di halaman masjid. Ada juga yang berkumpul dengan berdiri di sekitar jalan.

Santri dan warga yang datang berkerumun. Banyak santri juga tidak memakai masker. Tapi ada juga santri dan jemaah yang menggunakan masker. Santri lainnya memakai masker tapi tidak digunakan dengan baik, yakni hanya digantung di leher saja.

Simak video 'Mahfud: Melakukan Kerumunan Tanpa Prokes Berpotensi Jadi Pembunuh':

[Gambas:Video 20detik]



Simak halaman berikutnya soal peringatan dari Menko Polhukam Mahfud Md.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3